Harga BBM Pertamina 1 Januari 2023 Diprediksi Turun, Cek Alasan dan Daftar Harganya di Sini

Harga BBM Pertamina 1 Januari 2023 Diprediksi Turun, Cek Alasan dan Daftar Harganya di Sini

BBM Pertamina Ilustrasi-dok-

"Faktor kurs yang hari ini mencatatkan rekor terendah Rp15.731, tapi ya dalam perkembangan 2 bulan terakhir kursnya memang relatif tidak terlalu volatil artinya masih Rp15.500 sampai Rp15.700 juga tidak terlalu berpengaruh dalam pergerakan harga keekonomian BBM non subsidi," imbuhnya.

Sehingga, dia menyimpulkan ada kemungkinan badan usaha akan mempertimbangkan harga jual pada awal Januari 2023.

BACA JUGA:Update Harga BBM Shell Jakarta, Banten, Hingga Sumatera Utara Jelang Tahun Baru 2023

Diketahui dalam beberapa bulan terakhir ini harga minyak mentah dunia mengalami penurunan dibandingkan pada pertengahan tahun ini yang mencapai di atas 100 dolar Amerika per barel.

Sementara itu, Pemerintah saat ini mengaku sedang melakukan review terhadap harga BBM pertamina.

Review untuk rencana penurunan harga BBM Pertamina itu dilakukan setelah pada akhir bulan November lalu pemerintah menaikan harga BBM pertamnia.

Yakni jenis BBM non subsidi Pertamax Turbo (RON 98) senilai Rp 15.200 per liter, Dexlite (CN 51) sebesar Rp 18.300 per liter dan Pertamina Dex (CN 53) sebesar Rp 18.800 per liter.

BACA JUGA:Berapa Harga BBM Terbaru Hari Ini? Berikut Daftar Harga BBM Pertamina di 36 Provinsi

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menerangkan review harga BBM Pertamina itu salah satu alasannya melihat tren harga minyak mentah dunia yang sudah turun.

Namun ada pertimbangan lain seperti harga Mean of Plats Singapore (MOPS) maupun nilai tukar rupiah.

"Tentu kita review. Secara berkala semua Jenis Bahan Bakar Umum (JBU) akan dikaji dengan pertimbangan-perimbangan yang ada," kata Irto.

Sebelumnya, Seluruh badan usaha penyedia Bahan Bakar Minyak (BBM) baik BUMN seperti PT Pertamina (Persero) maupun swasta yakni Shell Indonesia, BP Indonesia dan juga Vivo Energy Indonesia, per Desember 2022 resmi menaikkan harga BBM di seluruh SPBU-nya di Indonesia.

BACA JUGA:Aplikasi My Pertamina Dapat Mendorong Penggunaan BBM Bersubsidi Tepat Sasaran

Harga BBM non subsidi PT Pertamina (Persero) yang naik di DKI Jakarta, untuk harga BBM jenis Pertamax Turbo menjadi Rp 15.200 per liter dari sebelumnya Rp 14.300 per liter.

Adapun harga BBM jenis Dexlite menjadi Rp 18.300 per liter dari sebelumya Rp 18.000 per liter dan untuk BBM Pertamax Dex menjadi Rp 18.800 per liter dari sebelumnya Rp 18.550 per liter.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: