Ini Harga BBM Pertamina Terbaru 1 Februari 2024

Ini Harga BBM Pertamina Terbaru 1 Februari 2024

SPBU Pertamina-Afdal namakule-Fin

FIN.CO.ID- PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya Pertamina Patra Niaga memutuskan tidak mengubah harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi pada 1 Februari 2024.

Keputusan ini setelan Pertamina mengevaluasi harga publikasi Mean of Platts Singapore (MOPS)/Argus serta nilai tukar mata uang Rupiah pada periode tanggal 25 Desember 2023 hingga tanggal 24 Januari 2024. 

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan bahwa keputusan harga Pertamax Series dan Dex Series tetap di Bulan Februari ini telah melalui evaluasi berkala mengacu kepada formula penetapan harga sesuai Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM non subsidi.

BACA JUGA:

"Harga BBM non subsidi memang sesuatu yang dievaluasi berkala, penyesuaian harga naik, penyesuaian harga turun, maupun harga tetap dipertimbangkan seluruh badan usaha sesuai regulasi yang berlaku," terang Irto dalam keterangan tertulis Rabu 31 Januari 2024.

Dia menambahkan bahwa keputusan ini adalah bentuk menjaga stabilitas harga BBM non subsidi yang terbaik dan terjangkau bagi masyarakat hingga pelosok negeri, tidak hanya kota besar.

"Ini adalah wujud penyaluran dan penyediaan BBM berdasarkan prinsip Availability, Accessibility, Affordability, Acceptability dan Sustainability, bagaimana Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga menetapkan harga yang kompetitif bagi masyarakat sekaligus memastikan distribusi hingga pelosok negeri tetap dapat dilakukan dengan maksimal," pungkas Irto. 

BACA JUGA:

Dengan demikian harga BBM Pertamina non subsidi maupun subsidi masih sama dengan harga pada bulan Januari 2024 kemarin. 

Misalnya, Pertamax di DKI Jakarta tetap Rp12.950 per liter. Sementara Pertamax Turbo tetap Rp14.400 per liter. 

Lalu Dexlite tetap Rp14.550 per liter. Kemudian Pertamina Dex tetap Rp15.100.

Berikut daftar harga BBM Pertamina saat Ini: 

DKI Jakarta

Pertalite: Rp10 ribu per liter

Pertamax: Rp12.950 per liter

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: