Harga BBM Pertamina 1 Januari 2023 Diprediksi Turun, Cek Alasan dan Daftar Harganya di Sini

Harga BBM Pertamina 1 Januari 2023 Diprediksi Turun, Cek Alasan dan Daftar Harganya di Sini

BBM Pertamina Ilustrasi-dok-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) PT Pertamina pada 1 Januari 2023 diprediksi akan mengalami penurunan.

Salah satu alasan turunnya harga BBM Pertamina pada 1 Januari 2023 mengikuti harga minyak mentah dunia dan kurs rupiah saat ini.

Direktur ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro mengungkap kenaikan dan penurunan harga BBM di Indonesia dipengaruhi oleh banyak faktor.

Bukan karena pertimbangan harga minyak mentah dunia saja. 

BACA JUGA:Harga BBM Pertamina 1 Januari 2023 Ada Penyesuaian? Cek Daftar Harganya di Sini

BACA JUGA:Mulai Hari Ini 26 Desember 2022 Beli BBM Solar Subsidi Wajib Pakai QR Code, Sudah Tahu Belum?

“Harga BBM juga disebabkan nilai tukar rupiah. Rupiah mengalami penyusutan Rp150 setara 1 dollar Amerika. Hal ini bisa disimpulkan, apabila harga minyak turun sebesar 2 dollar Amerika, nilai tukar rupiah melemah sebanyak 2 kali lipat. Jadi, kemungkinan tidak akan ada penyesuaian harga BBM,” ujarnya.

Sementara peneliti Institute For Development of Economics and Finance (INDEF), Abra Talattov mengungkapkan penyesuaian harga pada bulan Januari 2023 akan diperhitungkan berdasarkan harga minyak mentah dan kurs Rupiah bulan November 2022.

"Badan usaha bisa melakukan penyesuaian harga dengan rata-rata harga minyak mentah dua bulan terakhir. Kalau melihat perkembangan bulan November-Desember misalnya harga minyak brent di bulan November sudah terjadi penurunan," ujarnya dikutip CNBC, 1 Januari 2023.

Selain itu, selama dua bulan ke belakang harga minyak mentah dunia relatif lebih rendah bila dibandingkan dengan yang terjadi pada pertengahan tahun 2022. 

Dengan begitu, Abra menilai kemungkinan untuk BBM non subsidi naik akan kecil.

BACA JUGA:Harga BBM 1 Januari 2023: Good Bye Premium dan Revvo 89!

Dia juga menilai faktor kurs rupiah yang menjadi penentu dari penyesuaian harga BBM non subsidi. 

Menurutnya, perkembangan kurs dua bulan terakhir tidak terlalu berpengaruh pada pergerakan harga keekonomian BBM non subsidi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: