Di Hari Pahlawan, Tagar #KoperasiPahlawanEkonomi dan #TolakOJKdiKoperasi Trending di Medsos

Di Hari Pahlawan, Tagar #KoperasiPahlawanEkonomi dan #TolakOJKdiKoperasi Trending di Medsos

--

“Kita tentu setuju ekosistem koperasi diperkuat, tapi menyatukan ekosistem perbankan dan koperasi menjadi satu sudah tidak tepat. Koperasi ini self-regulated, namun dengan aksi RUU PPSK ini, kita antar koperasi bisa mengambil pelajaran bahwa ekonomi rakyat harus dijaga dan dibangkitkan,” pungkas Kambara, Presiden Direktur Koperasi BMI Grup menutup keterangannya. 

Purwoko, Dosen Magister FEB UAD Yogyakarta yang juga aktif di ISEI Semarang menggarisbawahi koperasi adalah pahlawan ekonomi.

Ia katakan salah satu sebab mengapa koperasi begitu kokoh menghadapi masalah ekonomi nasional adalah adanya asas kekeluargaan dan gotong-royong serta kemandirian dalam menjalankan usahanya. “Inilah kekhususan koperasi yang tidak bisa disamakan dengan jenis usaha lain” tegasnya. 

Senada dengan tokoh lain, Suroto yang dikenal cukup vokal menyuarakan aspirasi berkoperasi sejak pembatalan UU Koperasi No. 17 Tahun 2012 mengatakan membaca naskah akademik dan juga isi dari RUU PPSK yang ada, dari segi proses dan substansi terlihat cacat.

RUU tersebut sudah cacat secara basis epistemologi atau metodologi.  Selain miskin substansi yang penting untuk memperkuat sistem ekonomi konstitusi kita yang berdasar pada sistem demokrasi ekonomi.

Abdul Majid Umar, Ketua Umum BMT UGT Nusantara Sidogiri mengatakan bahwa koperasi di seluruh Jatim sepakat menolak

Ia menjelaskan penolakan ini bukan hanya di Jatim saja, tetapi di seluruh Indonesia penolakan terjadi di mana-mana.

“Hal wajar kalau kita menolak karena koperasi akan digiring menjadi lembaga yang tidak jelas manfaatnya untuk siapa” tegas alumus Pesantren Sidogiri ini. 

Memang terlihat sejak kemarin (Rabu,9/11) aksi penolakan terhadap RUU PPSK Pasal 191, 192 & 298 di dunia maya terjadi di berbagai platform medsos.

Segenap penggiat koperasi tanah air dengan jelas dan tegas RUU PPSK di Pasal 191, 192 & 298  nyata-nyata telah mengkhianati cita-cita luhur pendiri bangsa ini. Tagar #TolakOJKdiKoperasi #SaveKoperasiIndonesia #KoperasiAmanatKonstitusi #KoperasiPahlawanEkonomi mengema di jagat medsos, baik twitter, IG, facebook dan status-status Whatsupp.  

Hari ini di hari pahlawan nasional, Forkopi akan memanfaatkan hari pahlawan sebagai momentum perjuangan untuk menegakkan cita-cita para pendiri bangsa ini dalam membangun ekonomi bangsa yang berbasis ekonomi kerakyatan. Ekonomi yang tumbuh dengan pemerataan dan menjaga keadilan. Koperasi tidak boleh kehilangan jiwanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: