Terungkap, Ternyata Ini Alasan KPK Cuma Periksa Lukas Enembe Selama 1,5 Jam

Terungkap, Ternyata Ini Alasan KPK Cuma Periksa Lukas Enembe Selama 1,5 Jam

Pengacara Lukas Enembe dari Kiri ke kanan: Aloysius Renwarin , Stefanus Roy Rening , dan Juru Bicara Gubernur Papua Lukas Enembe Muhammad Rifai -Melalusa Susthira-Antara

"Pertama berikan pelayanan kesehatan kepada Lukas Enembe dengan menghadirkan 4 dokter dari kita," katanya.

Dijelaskannya, pemeriksaan kesehatan secara independen untuk memastikan kondisi Gubernur Papua Lukas Enembe agar nantinya bisa menerima dan mengikuti jalannya pemeriksaan.

"Tidak ada politisasi dan kriminalisasi dalam kasus yang menimpa Gubernur Papua karena itu murni berdasarkan bukti permulaan yang cukup," tegas Firli.

BACA JUGA:KPK Bentuk Tim Kesehatan Bantu Pulihkan Gubernur Papua Lukas Enembe

Usai pemeriksaan kesehatan, tim penyidik kemudian memeriksa Lukas Enembe sebagai tersangka dalam kasus yang menjeratnya.

Diakui, dirinya sempat bertemu dan berbincang dengan Gubernur Enembe secara pribadi di ruang terbuka dengan menanyakan tentang kondisi kesehatan dan lainnya.

"Pertemuan itu berlangsung dalam suasana akrab selama sekitar 15 menit, dan kedatangan dirinya bersama tim dalam rangka penegakan hukum dan selama pemeriksaan Gubernur Papua kooperatif," tuturnya.

BACA JUGA:Kuasa Hukum Minta Lukas Enembe Dihukum Adat, KPK Bilang Begini

Di kesempatan yang sama, Firli pun mengucapkan terima kasih kepada Lukas Enembe yang telah taat dan menjunung tinggi prosedur hukum.

"Kedua kami ucapkan terima kasih kepada Gubernur dan keluarga dimana Beliau sudah memberikan kesempatan dan menjalankan hak sebagai warga negara yang taat kepada hukum serta menjunjung tinggi prosedur hukum," jelasnya.

"Tadi Lukas Enembe sudah memberikan keterangan kepada KPK terkait dengan beberapa hal yang dibutuhkan oleh penyidik KPK," tandasnya

KPK sebelumnya telah menetapkan Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi sebesar Rp1 miliar.

Pimpin Pemeriksaan

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri terbang ke Papua.

Firli ke Papua untuk memimpin langsung pemeriksaan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: