News

Adik Kandung Brigadir Yoshua Ungkap Sosok Bharada E, Kenal Dekat Sejak Pertama Masuk Polri

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Bharada Richard Eliezer Pudhiang Lumiu atau Bharada E, baru saja menjalani sidang kedua terkait pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Adapun sidang Ferdy Sambo, terdakwa lainnya dalam kasus pembunuhan Brigadir J belum dilaksanakan hari ini. 

Sidang yang dilakukan hari ini, Selasa 25 Oktober 2022 pukul sejak pukul 10.00 WIB itu juga menghadirkan 12 orang saksi, yang merupakan keluarga Brigadir J beserta pacar almarhum Yoshua yang bernama Vera Simanjuntak. 

BACA JUGA:Dibongkar Kamaruddin, Ini yang Disampaikan Bharada E saat Bersimpuh di Hadapan Orang Tua Brigadir J

BACA JUGA:Kekasih Brigadir J Vera Simanjuntak Akhirnya Beri Kesaksian di Sidang Bharada E

Salah satu yang memberikan kesaksian dalam sidang tersebut yakni adik almarhum Yoshua, yaitu Mahreza Rizky Hutabarat. 

Mahareza atau yang akrab disapa Reza sendiri sebelumnya bertugas di Yanma Polri, sebelum akhirnya dimutasi ke Polda Bengkulu, usai kematian kakaknya, Brigadir J. 

Usai menjadi saksi di persidangan, Reza Hutabarat beserta Vera Simanjuntak kemudian tampil di podcast Irma Hutabarat. 

Dalam wawancara tersebut, terungkap bahwa sosok Reza Hutabarat ternyata sangat mengenal dengan terdakwa Bharada Richard Eliezer. 

BACA JUGA:Bharada E Menitikkan Air Mata Usai Bersimpuh ke Orang Tua Brigadir J di Ruang Sidang

BACA JUGA:Momen Haru Bharada E Berlutut Minta Maaf ke Orang Tua Brigadir J di Ruang Sidang

Bahkan, bisa dibilang keduanya sangat akrab, ketika Reza Hutabarat bertugas di Yanma Polri. Ia juga mengenal sosok Richard Eliezer sebagai orang yang ceria dan suka bercanda.

"Sejak dia (Richard Eliezer) masuk menjadi anggota yang baru kan sudah kenal juga, sering ngobrol, sering nyanyi-nyanyi, sering main pingpong bahkan main raket. Biasanya kalau malam ketemu malam, Reza stay di satu titik, beli makanan bareng, juga sama yang lain, ketawa-tawa, biasa," ungkap Reza Hutabarat, saat ditanya mengenai kedekatan dengan sosok Richard Eliezer. 

Reza juga mengungkap, meski sosok Eliezer lebih tua darinya, namun dari sisi kepangkatan di Polri, ia jauh berada di atas dari Bharada RIchard Eliezer. 

"Kalau dia kan golongan Tamtama, kalau Reza kan Bintara. Kalau dari pangkat dia (Richard Eliezer) ke pangkat saya itu bisa 6-7 klik (level)," tuturnya. 

BACA JUGA:Kamaruddin Simanjuntak Jawab Permintaan Bharada E Minta Maaf Langsung ke Keluarga Brigadir J

BACA JUGA:Seperti Ini Tebalnya Tumpukan Berkas Bharada E Jalani Sidang Kedua di PN Jaksel

Atas pembunuhan Brigadir Yoshua yang dilakukan oleh Richard Eliezer, Reza mengaku tidak ada dendam. Sama dengan ayah dan ibunya, ia sudah memaafkan Bharada E. Meski demikian, ia tetap berharap agar proses hukum tetap berjalan. 

"Gak ada dendam, tapi proses hukum harus tetap berjalan ya," tuturnya. 

Reza juga mengaku sangat mengenal orang-orang yang ada di sekitar Ferdy Sambo, baik para ajudan, pengawal, bahkan hingga pembantu rumah tangga dan tukang taman. 

"Sering main ke Saguling, karena kosanku dekat sama rumah Saguling," tuturnya. 

BACA JUGA:Bharada E Tiba di PN Jaksel Jalani Sidang Ke-2, Pakai Rompi Merah dan Tangan Diborgol!

BACA JUGA:Terbongkar! Kamaruddin Sebut Putri Candrawathi Godain Brigadir J Namun Ditolak

Kesaksian Reza Pada Sidang Bharada E

Adik kandung Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), yaitu Mahareza Rizky atau akrab disapa Reza juga turut memberikan kesaksian pada persidangan lanjutan kasus kematian Brigadir J di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa 25 Oktober 2022.

Dalam persidangan tersebut, Majelis Hakim  menanyakan kedekatan Reza dengan terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

“Dekat sama Pak FS dan PC?,” tanya hakim kepada Reza di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 25 Oktober 2022.

Reza pun mengaku tidak dekat dengan Ferdy Sambo, namun menyebut adanya komunikasi dengan istri dari mantan Kadiv Propam Polri tersebut, yaitu Putri Candrawathi.

BACA JUGA:Pengacara Brigadir J Beberkan Peran 12 Saksi di Persidangan Ferdy Sambo Cs

BACA JUGA:Keluarga Brigadir J Tiba di PN Jaksel Kenakan Kemeja Khusus Bertuliskan 'Justice for Brigadir Yosua'

“Pak FS nggak dekat, tapi dari Bu Putri ada komunikasi via WA. Ada bilang, kalau dinas capek, ke Saguling aja,” ungkap Reza di persidangan.

Reza juga mengungkapkan soal pemberian hadiah yang diterimanya dari Putri Candrawathi yang juga ditanyakan oleh Majelis Hakim.

“Hadiah Ibu waktu siang nge-chat, ‘Kalau kamu free, kalau ada waktu, ke Saguling ya, ada tanda kasih dari kami buat Reza, dirgahayu Polri, ya Reza’,” tutur Reza.

Seperti diketahui Reza juga mengikuti jejak sang kakak sebagai anggota Polisi dengan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) dikenal dengan sebutan Bripda LL Hutabarat dan sempat berdinas di Pelayanan Markas (Yanma) Mabes Polri.

BACA JUGA:Sidang Ferdy Sambo, Ini 11 Anggota Keluarga Brigadir J yang Siap Bersaksi di Depan Hakim

BACA JUGA:Geram Putri Candrawathi Disebut Otak Pembunuh Brigadir J oleh Kamaruddin, Pengacara Minta Jangan Lempar Asumsi

Setelah terjadinya insiden pembunuhan sang kakak, Bripda Mahareza Rizky Hutabarat dipindahtugaskan ke Jambi atas permintaan sendiri. 

 

Admin
Penulis