News

Polisi Periksa 8 WNI Diduga Bantu Buronan Thailand Chaowalit Kabur ke Indonesia

fin.co.id - 02/06/2024, 20:07 WIB

Ilustrasi Bareskrim Polri.

fin.co.id - Polisi memeriksa 8 warga negara Indonesia (WNI) karena diduga membantu buronan Thailand, Chaowalit Thongduang, selama pelariannya ke Indonesia.

"Total ada 8 WNI yang memiliki keterkaitan dengan pelarian dan pemalsuan identitas serta bagaimana buronan bertahan hidup," kata Kabareskrim Polri, Komjen Wahyu Widada menyebut 8 WNI itu diduga di Mabes Polri pada Minggu, 2 Juni 2024.

Lebih lanjut, Wahyu mengungkapkan 8 orang tersebut berprofesi sebagai ojek online hingga pemilik jasa penyewaan kapal.

"Delapan orang tersebut ada yang berporfesi driver ojek online, supir taksi, agen pengiriman uang, pemilik jasa sewa kapal, dan teman buronan selama dalam pelarian di Indonesia," ujar Wahyu.

Baca Juga

Wahyu mengungkapkan bahwa buronan paling dicari dari Thailand, Chaowalit Thongduang, melarikan diri ke Indonesia sejak 2023.

"Selama dia di indonesia diketahui buronan tersebut dia masuk ke Indonesia pada 8 Desember 2023 melalui jalur perairan laut Thailand menggunakan speed boat 200 PK memakan waktu oerjalanan 17 jam," ungkap Wahyu.

Wahyu mengatakan sesampainya di Indonesia, Chaowalit dibantu oleh seseorang WNI berinisial FS untuk membuat identitas palsu atas nama Sulaiman.

"Kemudian, sampai di Indonesia ada WNI inisial FS yang sebelumnya sudah dikenalkan saksi di Thailand untuk membantu buronan membuat identitas palsu sebagai WNI atas nama Sulaiman," jelasnya.

Wahyu mengatakan Chaowalit berpindah-pindah tempat di beberapa apartemen dan hotel di kota medan. 

Bahkan, lanjut Wahyu, Chaowalit juga beberapa kali berganti-ganti yang menemani.

Baca Juga

Ia menjelaskan Chaowalit berada di Bali sejak 20 Mei untuk berlibur. 

"Dalam berkomunikasi karena tidak bisa bahasa inggris maupun bahasa indonesia, dia menggunakan bantuan google translate untuk berkomunikasi dengan orang lain," imbuhnya.

- Anisha Aprilia -

Khanif Lutfi
Penulis
-->