Tragedi Kanjuruhan Harus Jadi Titik Balik Sepakbola Indonesia

Tragedi Kanjuruhan Harus Jadi Titik Balik Sepakbola Indonesia

Aksi 1000 lilin dukungan untuk tragedi kanjuruhan malang--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Publik sepabola tanah air dikejutkan dengan adanya tragedi Kanjuruhan yang memakan korban ratusan jiwa. 

Bukan hanya nyawa melayang saja, namun tragedi Kanjuruhan juga secara otomatis mencoreng dunia persepakbolaan tanah air. 

BACA JUGA:Ini 12 Temuan Awal Tim Pencari Fakta Terkait Tragedi Kanjuruhan

BACA JUGA:Ungkap Hasil Investigasi, TGIPF: Ternyata Stadion Kanjuruhan Tak Layak Gelar Pertandingan

Padahal, prestasi Tim Nasional (Timnas) senior maupun Timnas U-17 Indonesia, saat ini sedang menjadi sorotan positif. 

Banyak asa yang berharap bahwa melalui Timnas tersebut, sepakbola Indonesia dapat diperhitungkan di kancah global. 

Sesaat setelah Tragedi Kanjuruhan berlalu, stakeholder di Tanah Air bergerak cepat. Seluruh elemen yang terlibat dan berkepentingan dalam dunia persepakbolaan tanah air langsung bergerak. 

Tak terkecuali Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang dengan sigap menjalin komunikasi dengan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA), salah satunya dengan mengirim Menteri BUMN Erick Thohir menemui Presiden FIFA, untuk mencari solusi dan berkoordinasi terkait adanya Tragedi Kanjuruhan tersebut. 

BACA JUGA:Sepekan Tragedi Kanjuruhan, Old Star Persita Tangerang Gelar Doa Bersama

BACA JUGA:Airlangga Bareng Dewa-19 Galang Donasi Korban Kanjuruhan dan MTsN 19 Pondok Labu

Bersyukur Indonesia bisa lepas dari hukuman FIFA dan sepakbola Indonesia yang sedang "On Fire" tidak perlu berhenti karena adanya sanksi dari FIFA. 

FIFA sendiri telah menyatakan akan membantu Indonesia dalam mereformasi persepakbolaan, dan melakukan sejumlah perubahan ke arah yang lebih baik demi sepakbola Indonesia kedepan. 

Menanggapi situasi tersebut, Perwakilan Suporter Indonesia, Lutfi Ramadan dari Barito Mania Jakarta memandang, tragedi Kanjuruhan haruslah dijadikan sebagai titik balik persepakbolaan nasional. 

Seluruh pihak, mulai dari suporter, klub, PSSI, hingga pemerintah, harus bersatu padu dan berupaya membuat iklim persepakbolaan tanah air menjadi lebih baik. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: