Anies Habis Masa Jabatan, Ini Harapan Pengusaha kepada Pj Gubernur DKI Jakarta

Anies Habis Masa Jabatan, Ini Harapan Pengusaha kepada Pj Gubernur DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan kepada sejumlah awak media. -Khanif Lutfi-dok fin.co.id

JAKARTA, FIN.CO.ID - Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta berharap penjabat gubernur yang dipilih Presiden Joko Widodo menggantikan Anies Baswedan yang akan mengakhiri masa jabatannya pada 16 Oktober 2022 dapat mendalami profil ekonomi  Jakarta.

Ketua DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simanjorang, mengatakan penjabat gubernur harus orang yang paham karena ekonomi Jakarta sangat strategis.

(BACA JUGA: Kak Seto Blak-blakan, Zaman Gubernur Anies Ternyata Belum Terbentuk SPARTA)

"Penjabat gubernur haruslah sosok yang mumpuni dan memahami karakteristik Jakarta yang sudah termasyhur sebagai kota jasa. Yang paling penting, adalah mendalami pada profil ekonomi Jakarta, yang memerlukan regulasi dan kebijakan yang mendorong berbagai sektor usaha tumbuh produktif," kata Sarman, Selasa 20 September 2022.

Termasuk, tahapan Pemilu 2024 yang sudah mulai berjalan, kata Sarman,  penjabat Gubernur DKI harus mampu menciptakan suasana politik yang tidak menimbulkan kegaduhan.

"Sehingga berbagai sektor usaha dan jasa bisa beraktivitas seperti biasa," ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) DKI Jakarta, Diana Dewi berharap Pj Gubernur DKI akan menjadi pimpinan yang efektif, karena selain harus menjalankan roda pemerintahan 2,5 tahun lagi, tapi juga akan menghadapi Pilkada.

(BACA JUGA:Siapa Pj Gubernur DKI Jakarta Pengganti Anies Baswedan? Ini Jawaban Jokowi )

"Makanya kami berharap bapak presiden akan memilih Pj yang efektif. Efektif di sini, kami membutuhkan iklim yang kondusif. Kami dari pengusaha tentunya sangat menginginkan roda ekonomi  tetap berjalan," tuturnya.

Diana Dewi juga menyatakan mengingat rencana pembangunan Jakarta sampai tahun 2026, maka itu tetap menjadi pegangan dalam pembangunan Jakarta yang dijalankan oleh Pj Gubernur yang baru.

"Tentunya harus punya pegangan untuk bekerja, dengan mengesampingkan selera. Jangan selera yang baru, tetapi ini sudah ada cetak birunya," tutur Diana Dewi.

Diana Dewi juga berharap Pj Gubernur Jakarta dapat membuat investasi lebih mudah dan memunculkan pengusaha baru yang juga akan membuka lapangan pekerjaan baru.

(BACA JUGA:Begini Respons Iwan Fals Saat Tahu Anies Baswedan Siap Maju Capres 2024)

"Ujungnya dapat mengurangi kemiskinan di Indonesia, khususnya di Jakarta," ucapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: