Pemanasan Global Picu Munculnya Wabah? Ini Penjelasan Ahli Mikrobiologi Universitas Esa Unggul

Pemanasan Global Picu Munculnya Wabah? Ini Penjelasan Ahli Mikrobiologi Universitas Esa Unggul

Guru Besar Mikrobiologi dari Prodi Farmasi, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul, Prof. Dr. Maksum Radji, M. Biomed.--(dok.UEU)

Prof. Maksum juga menambahkan bahwa para peneliti memprediksi bahwa tahap pertama terjadinya transmisi silang antar spesies ini adalah antara 2011 hingga 2040. Penyebaran mikroba patogen lintas spesies ini sulit untuk dicegah.

“Untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya wabah baru akibat perubahan iklim ini kita perlu membangun infrastruktur kesehatan yang kuat guna melindungi manusia dan hewan, khususnya mamalia dan hewan lain yang menjadi vektor virus zoonosis. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang ancaman serius yang ditimbulkan oleh global warming di masa depan, karena perubahan iklim dan pemanasan global menjadi pendorong terbesar munculnya berbagai wabah penyakit menular. Semoga para pemangku kepentingan dan masyarakat dapat mempersiapkan diri dan waspada dalam menghadapi meningkatnya ancaman penyakit menular di muka bumi ini, khususnya di Indonesia," pungkas Prof. Maksum mengakhiri perbincangan ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: