Kemensos Beri Dukungan Pemuda Papua Bangkit Melawan Keterbatasan

Kemensos Beri Dukungan Pemuda Papua Bangkit Melawan Keterbatasan

Edison Elieser Papara. Pemuda asal Kepulauan Yapen Papua, mendapatkan dukungan dari Kemensos untuk bangkit --

Kemudian, lanjut Bambang, hal yang paling penting adalah target jangka panjang yaitu setelah terminasi dilakukan. 

"Artinya setelah keluar dari sentra, dia mau ngapain, akan tinggal sama siapa. Oleh karena itu, sejak awal kita sudah pikirkan hal ini dengan melibatkan keluarga dalam proses rehabilitasi," katanya.

Komunikasi pekerja sosial dan profesi lainnya dengan keluarga PM harus terjalin  

Pelibatan keluarga telah dimulai semenjak PM dirujuk ke Sentra karena nantinya keluargalah yang akan berperan penting dalam meneruskan keberhasilan rehabilitasi sosial. 

(BACA JUGA:Bekuk Bologna, AC Milan Puncaki Klasemen Liga Italia 2022/2023)

(BACA JUGA:Bola Api)

Dari sisi pemberdayaan, selain memberikan ketrampilan vokasional, Sentra juga menyiapkan toolkit atau modal usaha setelah PM diterminasi. Sentra juga menghubungkan PM yang ingin bekerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. 

"Misalnya disabilitas, pengennya usaha. Itu kita latih dengan vokasional terus nanti saat pulang kita kasih toolkit . Terus ada yang pengennya kerja, itu kemaren kita sudah kerja sama dengan alfamart dan PT Pos. Ada juga ABH yang ingin jadi pelaut, itu kita kursuskan untuk dapat sertifikat di Politeknik Ilmu Pelayaran," kata Bambang.

Bambang menekankan bahwa target rehabilitasi sosial bukan hanya perubahan perilaku saat PM berada di Sentra, namun  juga menyiapkan mereka ketika kembali ke masyarakat. 

Pada prosesnya, Sentra melibatkan banyak pihak setiap kali terminasi dilakukan, seperti mengundang komunitas, aparat pemerintah tempat PM berasal, dan pihak terkait lainnya untuk duduk bersama dalam pembahasan kasus. 

(BACA JUGA:Zulhas Doakan Amien Rais, Kader PAN: Aaamiiiin...)

(BACA JUGA:Jokowi di Rakernas III PAN: Harus Siap Hadapi Tantangan Baru, Ancaman Krisis Pangan, Energi, Keuangan)

Hal ini semata-mata untuk memastikan proses terminasi berjalan dengan baik dan kondisi kondusif PM terjaga. 

Adapun saat ini Sentra Wirajaya di Makassar memiliki sasaran garapan  10 kabupaten kota di Sulawesi Selatan dan 20 Kabupaten Kota di Papua

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: