3.845 Pemilih Disabilitas di Kota Depok Bakal Mencoblos pada 14 Februari 2024

3.845 Pemilih Disabilitas di Kota Depok Bakal Mencoblos pada 14 Februari 2024

Ilustras: Pemilih disabilitas tengah melakukan pencoblosan di balik bilik suara.-FIN/Antara-

FIN.CO.ID - Sebanyak 3.845 orang pemilih disabilitas tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kota Depok, Jawa Barat. Data itu disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat, Wili Sumarlin.

"Jumlah DPT disabilitas total keseluruhan ada 3.845 orang tersebar di Depok," kata Wili Sumarlin di Depok, Rabu 7 Februari 2024.

BACA JUGA:

Wili menyebutkan pemilih disabilitas di Kota Depok terbagi beberapa katagori. Sebut saja, kata dia, disabilitas fisik, disabilitas intelektual, disabilitas mental, sensorik rungu, dan sensorik netra.

"Dengan rincian untuk disabilitas fisik 2.051, disabilitas intelektual 203, disabilitas mental 1.103, sensorik rungu 127, dan sensorik netra 361," tuturnya.

Dia mengatakan, pemilih disabilitas yang tidak bisa mencoblos sendiri di tempat pemungutan suara (TPS) boleh didampingi.

"Kalau mereka bisa datang ke TPS tidak didampingi. Kalau butuh pendampingan diperbolehkan karena memang tidak bisa melakukan pencoblosan secara mandiri," kata Wili.

Sedangkan disabilitas sensorik, kata dia, pihaknya menyediakan huruf braille. "Untuk penyandang sensorik netra pake yang ada huruf braille," ujarnya.

Wili mengatakan, jumlah DPT disabilitas di Kota Depok hingga saat ini belum ada perubahan. "Sejauh ini belum ada nanti kalau ada di info kembali," pungkasnya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: