Punya Anak dengan Badan Kurus? Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua

Punya Anak dengan Badan Kurus? Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua

Badan Anak Kurus, Image oleh Kiran Hania dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID – Anda punya yang kurus namun tidak tau apa penyebabnya. Perlukah Anda khawatir?

Menurut dr. Riska Larasati pada kasus banda anak yang terlihat kurus, diperlukan perhatian lebih lanjut terkait apa yang menjadi penyebabnya.

“Anak yang memiliki badan kurus perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait status gizinya yaitu apakah tergolong normal, kurus, hingga stunting disesuaikan dengan jenis kelamin, usia, serta berat badan dan tinggi badan,” kata dr. Riska Larasati.

(BACA JUGA:Apa Bisa Menaikan Berat Badan jika Punya Gen Kurus di Keluarga? Ini Kata Dokter)

“Selain itu juga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait dengan kondisi yang dialami, misalnya adakah keluhan demam, mual muntah, batuk lama, diare dan sebagainya,” tambahnya seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Dan ketika bicara penyebab badan anak kurus, masalah gizi, kesibukan hingga penyakit tertetnu bisa jadi penyebabnya.

“Terdapat berbagai kemungkinan penyebab yang dapat menimbulkan anak menjadi kurus yaitu akibat kekurangan nutrisi, mengalami penyakit tertentu, melakukan aktivitas berlebih, mengalami gangguan makan, konsumsi obat-obatan tertentu, mengalami alergi makanan, memiliki masalah pencernaan atau gangguan hormon dan sebagainya,” jalasnya.

Dr. Riska Larasati menambahkan, jika berat badan anak terbukti kurang dari berat badan yang dianjurkan, maka diperlukan penanganan ahli untuk mengatasi berat badannya.

“Bila tumbuh kembang anak tidak sesuai dengan usianya, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan kondisi anak,’ sambung dia.

Terkait dengan potensi cacingan, kondisi ini bisa dikenali dengan beberapa gejala spesifik yang umumnya ditunjukan seseorang yang mengalami cacicangan.

“Meski demikian cacingan merupakan salah satu penyebab anak menjadi kurus terutama bila disertai gejala lain seperti gatal di anus, penurunan nafsu makan, nyeri perut, mual muntah dan sebagianya,” tutupnya.

Dan dalam kasus cacingan, tambah dr. Riska Larasati, asupan nutrisi yang masuk ke tubuh anak mulai saat ini, teramat penting untuk mendorong pemulihan berat badannya menjadi ideal.  

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: