Apa Bisa Menaikan Berat Badan jika Punya Gen Kurus di Keluarga? Ini Kata Dokter

Apa Bisa Menaikan Berat Badan jika Punya Gen Kurus di Keluarga? Ini Kata Dokter

Badan Kurus, Image oleh André Santana AndreMS dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Bagi mereka yang punya gen kurus di keluarganya, maka kemungkinan besar akan memiliki bentuk badan yang juga kurus.

Namun pertanyaanya, apa bisa menaikan berat badan jika keturunan kurus di keluarga?

Menurut dr. Riza Marlina, meski seseorang memiliki keturunan kurus, bukan berarti mereka tidak bisa bertambah gemuk atau menaikanberat badannya.

(BACA JUGA:Ini Bahayanya Jika Wanita Bertubuh Kecil dan Kurus)

Berikut ini beberapa tips menaikan berat badan seperti dikutip FIN dari Alodokter:

•    Minum air putih yang cukup
•    Memilih jenis olahraga yang fokus meningkatkan masa otot, Berenang, sit up, push up, zuma, angkat beban adalah beberapa di antaranya.
•    Mengelola stress
•    Tidur sesuai anjuran yakni 7 hingga 9 jam setiap malamnya

Akan tetapi jika secara mandiri upaya Anda untuk menaikan berat badan tetap gagal, maka intervensi ahli adalah yang dibutuhkan.

“Jika tetap sulit menaikan berat badan anda bisa melakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter ahli gizi,” sarannya dr. Riza Marlina.

Cara Menurunkan Berat Badan

Cara menurunkan berat badan yang benar, tidak bisa dikaitkan dengan hanya mengkonsumsi kalori secara tepat.

Meski mengkonsumi jumlah kalori itu penting, namun ada faktor lainnya yang juga harus bisa dikombinasikan dalam proses ini.

Salah dalam prosesnya, hal inilah yang menjadi penyebab, mengapa Anda sulit menurunkan berat badan.

Adalah waktu mengkonsumsi makanan yang menurut ahli, tidak kalah penting, malah krusial, untuk mempercepat proses menurunkan berat badan.

Menurut sebuah studi, mereka yang makan lebih banyak kalori di pagi hari, punya potensi lebih tinggi dalam menurunkan berat badan mereka.

Berdasarkan studi ini, mereka yang sarapan dalam jumlah kecil, namun mengkonsumsi kalori lebih banyak di malam hari, tidak lebih efisien dari kriteria yang disebut di atas.

Meski mengkonsumsi jumlah kalori yang sama dalam sehari, namun menurut temuan ahli, mengkonsumsi lebih banyak kalori di pagi hari, dan memangkasnya di malam hari, jauh lebih dua setengah kali lipat lebih efisien.  

Sementara itu menurut studi lain, jalan cepat jika dilakukan selama 30 menit per hari, selama satu minggu penuh, punya efek yang sulit ditandingi sebagai salah satu cara menurunkan berat badan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: