Catat Ya! Siaran TV di Jabodetabek Mulai Beralih ke Digital Mulai Akhir Agustus atau Awal September

Catat Ya! Siaran TV di Jabodetabek Mulai Beralih ke Digital Mulai Akhir Agustus atau Awal September

Netflix, YouTube, Apple TV, Image oleh yousafbhutta dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Semua siaran TV di kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) sepenuhnya beralih dari analog ke digital antara akhir Agustus atau awal September, 

Dengan kata lain, Analog Switch Off (ASO) atau migrasi siaran TV analog ke TV digital di kawasan itu diberlakukan antara akhir Agustus atau awal September.

(BACA JUGA:Warga Portugal Jatuh di Jurang Gunung Rinjani saat Selfie, Akhirnya Berhasil Dievakuasi )

"Sekarang (ASO) mau dilakukan di pusat ekonomi, termasuk di DKI Jakarta. Nah bisa gak kita lakukan itu? " kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G.Plate di Jakarta, Jumat 19 Agustus 2022.

Johnny menyebutkan, pelaksanaan migrasi TV analog ke TV digital merupakan bagian dari amanat Undang Undang dan dijalankan dalam skema multiple ASO.

Dalam skema ini, layanan TV analog akan dihentikan dengan dasar kesiapan setiap wilayah berdasarkan laporan dari Pemerintah Daerah setempat.

Saat ini Jabodetabek dinilai sudah siap untuk mulai bermigrasi ke layanan-layanan siaran TV digital.

(BACA JUGA:Bocah Tenggelam di Danau Perumahan Karang Anyar Bekasi, Akhirnya Meninggal saat Dilarikan ke Rumah Sakit)

"Jadi sebelumnya digitalisasi televisi di Indonesia kan awalnya diputuskan akan dilakukan bertahap, namun kita pilih untuk dilaksanakan dengan tahapan berganda atau multiple ASO. Nah di situ kita tidak akan tentukan tanggalnya, jadi yang ada tinggal tanggal akhirnya saja yaitu 2 November tahun 2022," ujar Johnny.

Skema ini digunakan berkaca dari pengalaman negara-negara lain yang sudah menerapkan ASO terlebih dahulu seperti Amerika Serikat hingga Jepang.

Negara-negara itu berhasil menerapkan migrasi layanan siaran TV-nya dengan skema Multiple ASO.

Skema itu dinilai cocok dengan Indonesia mengingat masyarakat Indonesia berjumlah sangat banyak dan tersebar luas di negara Kepulauan.

(BACA JUGA:Lagi Asyik Mancing di Kalimalang, Tiga Pria Bukan Dapat Ikan Malah Temukan Jasad Mengambang )

"Kita harus melihat juga supaya masyarakat bisa tetap mendapatkan layanan dan siarannya tetap sampai ke mereka dengan baik sampai di batas waktu tertentu baru dilakukan full Analog Switch Off secara bertahap," ujar Johnny.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: