Sukabumi Juga Diusulkan Masuk Kawasan Aglomerasi UU DKJ

Sukabumi Juga Diusulkan Masuk Kawasan Aglomerasi UU DKJ

Sukabumi Juga Diusulkan Masuk Kawasan Aglomerasi UU DKJ--

FIN.CO.ID- Anggota Baleg dari Fraksi PKS, Mardani Ali Sera mengatakan, wilayah Kabupaten Sukabumi diusulkan masuk dalam aglomerasi DKJ (Daerah Khusus Jakarta). 

Hal tersebut dibahas dalam rapat panja Baleg DPR RI terkait Rancangan Undang-undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ. Mardani mengaku menghormati usulan tersebut. 

"Tadi rame wilayahnya mana saja yang masuk aglomerasi ada usulan Sukabumi. Tetapi secara umum yang memang berdampingan dan berdekatan dengan jakarta yang selama ini menjadi pendukung Jakarta," jelas Mardani di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Maret 2024.

BACA JUGA:

Namun, kata dia, sejauh ini wilayah yang disetujui masuk dalam aglomerasi hanya Jabodetabek.

"Jabodetabek tetap Jabodetabek dengan bek-nya itu kabupaten dan kota Bekasi. Cianjur termasuk karena urusan saluran air, jalur air," tambahnya.

Sebelumnya, Anggota Baleg DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Heri Gunawan, mengusulkan daerah Sukabumi masuk ke dalam kawasan aglomerasi Jakarta di RUU DKJ.

Heri mengungkapkan alasan Sukabumi masuk kedalam RUU DKJ karena dinilai menjadi daerah strategis untuk menyangga Jakarta sebagai pusat bisnis dan kota global.

BACA JUGA:

Ia mengatakan hal tersebut dikarenakan Sukabumi menjadi penyuplai air yang dikonsumsi masyarakat Jakarta.

"Tadi sudah disampaikan di dalam DIM 506 itu terkait DIM 500, rencana induk sebagaimana dimaksud pada ayat 1 memuat program dan kegiatan menjadi kewenangan pemerintah pusat, daerah, provinsi, dan daerah kabupaten/kota pada kawasan aglomerasi yang menjadi prioritas untuk menjamin sinkronisasi pelaksanaan pembangunan dan pelayanan publik di kawasan aglomerasi," ujar Heri di gedung DPR, Kamis, 14 Maret.

"Itu di 500 sampai 511, di sana tercantum, program dan kegiatan dimaksud, minimal mencakup, transportasi, pengelolaan sampah, pengelolaan air minum. Kita ketahui bersama, sumber air minum. di Jakarta ini dikirim dari Sukabumi, air mineral dari sana. Jadi saya pikir mungkin bisa juga masuk di sana, termasuk kawasan aglomerasi. Kalau dipersiapkan tidak ada salahnya," lanjutnya.

Bukan hanya itu, ia menilai perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi tak butuh waktu lama. Bahkan, ia memaparkan jika area sekitar Sukabumi kini sudah terhubung dengan adanya Tol Bocimi. 

Ia juga memamerkan jika Sukabumi merupakan kawasan pabrik air mineral.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: