Pemuda Ditelantarkan Keluarganya di Kandang Kambing dalam Penanganan Dinsos Tangerang

Pemuda Ditelantarkan Keluarganya di Kandang Kambing dalam Penanganan Dinsos Tangerang

Fadli (24) ODGJ Yang Diasingkan di Kandang Kambing Oleh Keluarganya-Rikhi Ferdian-fin.co.id

Diberitakan sebelumnya, seorang pria bernama Valdi (24) diduga ditelantarkan oleh keluarganya di sebuah gubuk mirip kandang kambing viral di media sosial (medsos).

Gubuk yang ditempati oleh pria tersebut berada di sebuah perkebunan di Kampung Pasirawi RT 001/002 Desa Suka Asih, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Dalam video yang beredar luas itu, terdengar suara sejumlah warga mendatangi gubuk yang terbuat dari kayu dan dilapisi kain berwarna kuning.

(BACA JUGA:Viral di Medsos Aksi Patriotisme Paskibra di Larangan Tangerang, Kibarkan Merah Putih di Atas Tanah Berlumpur )

Saat warga membuka pintu gubuk itu, Faldi terlihat sedang tertidur beralaskan busa seperti kasur lantai. Lalu, dia pun terbangun melihat ada warga yang mendatanginya.

Saat ditanya oleh warga Valdi mengaku berasal dari Cisoka, Kabupaten Tangerang, tepatnya di kampung Caringin. Namun, ia tak bisa mengingat jelas lokasinya.

Bahkan saat ditanyai warga dia juga nampak seperti orang linglung. Kuat dugaan Faldi adalah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sengaja ditelantarkan keluarganya.

Kepada warga dia mengaku baru sehari menempati gubuk yang mirip kandang kambing tersebut. Dia diantar oleh keluarganya kesana. Namun, kata Faldi, keluarga yang membawanya ke gubuk itu tak pernah kembali lagi. 

(BACA JUGA:Cara Melepas Cincin dari Jari yang Bengkak, Ini Langkahnya)

Warga pun memberinya nasi bungkus. Faldi yang mengaku belum makan kemudian memakannya dengan lahap.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tangerang, Azis Gunawan saat dikonfirmasi wartawan, membenarkan adanya pria yang ditelantarkan di sebuah gubuk mirip kandang kambing tersebut.

Kata dia, lokasi kejadian itu benar di daerah Pasar Kemis. Namun dirinya mengaku, pihak Dinsos sudah mengecek ke lokasi pada Rabu malam (17 Agustus 2022). 

Azis menyebut, pemuda tersebut diasingkan ke sebuah gubuk oleh keluarganya karena mengidap gangguan jiwa.

(BACA JUGA:Kemenkopolhukam Kawal Kasus Aseng Bunuh Purnawirawan TNI Sampai Tuntas)

"Sudah, sudah dicek kemarin. Kondisinya sedang dalam perawatan di puskesmas, mungkin hari ini akan kita rujuk ke rumah sakit (RSJ)," terang Azis 18 Agustus 2022.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: