Ferdy Sambo Tersangka Kasus Brigadir J, Netizen Ingatkan Kapolri Bongkar Motif ke Publik Seperti Arahan Jokowi

Ferdy Sambo Tersangka Kasus Brigadir J, Netizen Ingatkan Kapolri Bongkar Motif ke Publik Seperti Arahan Jokowi

Irjen Pol Ferdy Sambo, Putri Candrawathi dan Bharada E (Richard Eliezer Pudihang Lumiu)-dok-

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menetapkan empat orang sebagai tersangka kasus pembunuhan terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. 

Para tersangka itu antara lain Bharada Richard Eliezer Pudhiang Lumiu (Bharada E), Brigadir Ricky Rizal (Brigadir RR), Bripka Kuwat Makruf (Bripka KM) dan yang terakhir adalah Irjen Ferdy Sambo (Irjen FS). 

(BACA JUGA:Ferdy Sambo Terancam Dipecat, Polri Beri Jawaban Tegas)

(BACA JUGA:Kamaruddin Simanjuntak Tegas ke Jokowi: Pulihkan Harkat dan Martabat Nama Baik Brigadir J)

Dua orang tersangka yaitu Brigadir RR dan Irjen FS bahkan disangkakan dengan pasal 340 KUHP/pembunuhan berencana, dengan ancaman maksimal hukuman mati. 

Meski demikian, Kapolri dan Timsus yang terlibat dalam penyidikan belum mengungkapkan motif dari Irjen Ferdy Sambo melakukan dugaan  pembunuhan tersebut. 

Menurut Kapolri, masih akan dilakukan pendalaman oleh penyidik, untuk mengetahui motif dari Irjen Ferdy Sambo melakukan dugaan pembunuhan tersebut. 

“Terkait dengan motif saat ini sedang dilakukan pendalaman-pendalaman terhadap saksi-saksi dan juga terhadap Ibu Putri. Jadi saat ini belum bisa kami simpulkan,” ujar Kapolri saat jumpa pers di Mabes Polri, Selasa, 9 Agustus 2022 malam.

(BACA JUGA:Mahfud MD Sebut, Motif Penembakan Brigadir J Hanya Boleh Didengar Orang Dewasa, Inikah Artinya?)

(BACA JUGA:Mahfud MD Sebut Motif Pembunuhan Brigadir j Hanya Boleh Didengar Orang Dewasa, Denny Siregar: Kayak Nonton...)

Namun, ditegaskannya, hasil penyidikan yang dilakukan Timsus Polri sudah mengungkapkan peristiwa yang terjadi bukan baku tembak, tapi penembakan.

“Yang pasti ini jadi pemicu utama terjadinya pembunuhan untuk apa, kesimpulannya tim saat ini terus bekerja,” ujarnya.

Sementara itu, Menko Polhukam Mahfud MD justru memberikan statement sendiri terkait dugaan motif Irjen Ferdy Sambo membunuh Brigadir J. 

Dalam sebuah pernyataannya, Mahfud MD mengatakan motif dari penembakan Brigadir J sangat sensitif dan mungkin hanya boleh didengar orang dewasa.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: