Mendagri Minta Kepala Daerah Renovasi Anjungan Taman Mini Indonesia Indah

Mendagri Minta Kepala Daerah Renovasi Anjungan Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah-ist-net

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anjungan daerah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta banyak yang mengalami kerusakan. 

Kondisi itu membuat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta agar anjungan tersebut segera dipugar atau direnovasi.

Permintaan tersebut disampaikan Mendagri Tito Karnavian kepada seluruh kepala daerah yang memiliki anjungan daerahnya.

(BACA JUGA:Pengunjung Taman Mini Membludak, Macet Hingga Satu Kilometer)

"Saya sudah berkomunikasi dengan rekan-rekan gubernur, prinsipnya setuju mendukung dan kemudian Kementerian Dalam Negeri membentuk tim, kemudian sudah turun langsung pintu ke pintu ke setiap anjungan, dibuat klasifikasi, mana rusak ringan, sedang, berat, dan ada yang belum memiliki anjungan," katanya, Minggu, 17 Juli 2022.

Diungkapkannya ada 19 anjungan dengan kerusakan ringan, tapi struktur bangunannya masih bagus. 

Tidak sedikit pula anjungan yang mengalami kerusakan sedang. 

(BACA JUGA:Libur Natal Tahun Baru, Tiket Masuk Taman Mini Indonesia Indah Naik)

Selain itu, Tito juga meminta agar provinsi yang belum memiliki anjungan di TMII, segera membangun, seperti Kalimantan Utara.

“Kalimantan Utara itu sudah menjadi provinsi, tapi tidak punya anjungannya. Nah nanti dikoordinasikan untuk mendapatkan lahan supaya ada anjungan. Ada juga anjungan yang di lokasinya bersama, itu untuk provinsi baru saat itu, Bangka Belitung, Gorontalo, dan lain-lain," ucap dia.

Untuk dana renovasi, dia menyebut total biaya yang dibutuhkan lebih kurang hampir Rp45-Rp50 miliar untuk seluruh provinsi. 

Pendanaan itu dapat menggunakan anggaran pemerintah daerah, baik yang bersumber dari APBD ataupun CSR di daerahnya masing-masing.

“Khusus yang anjungan-anjungan ini kan Pemda, tanahnya juga dihibahkan kepada pemda, kemudian pengelolaannya juga oleh Pemda," kata dia.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, berharap para kepala daerah segera berpartisipasi untuk melakukan upaya perbaikan atau renovasi itu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: