Nih Update Terbaru Daftar Harga Cabe, Bawang, Daging dan Minyak Goreng Hari Ini

Nih Update Terbaru Daftar Harga Cabe, Bawang, Daging dan Minyak Goreng Hari Ini

Cabe Rawit Ilustrasi--

Data tersebut disampaikan oleh Kepala BPS Margo Yuwono, dalam konferensi pers hari ini, Jumat 1 Juli 2022. 

(BACA JUGA:Harga Cabai Tembus Rp120 Ribu, Disdagin Ungkap Pemicunya)

Margo Yuwono mengatakan, pemicu tingginya inflasi adalah meningkatnya harga berbagai kebutuhan pangan, terutama sayur - sayuran di berbagai wilayah di Indonesia. 

Secara rinci penyumbang inflasi terbesar berasal dari kelompok makanan, minuman dan tembakau. 

Cabai merah memberikan andil inflasi 0,24 persen, cabai rawit andilnya 0,10 persen dan bawang merah andilnya 0,08 persen.

"Kenaikan inflasi pada kelompok bahan makanan karena adanya cuaca yang anomali di bulan Juni. Ini merupakan inflasi tertinggi sejak Juni 2017, dimana saat itu inflasinya sebesar 4,37 persen," ungkap Margo Yuwono.

(BACA JUGA:Makin Pedas, Harga Cabai Hampir Menyamai Harga Daging Sapi)

Tercatat, kelompok pengeluaran itu memberikan andil terhadap inflasi pada Juni 2022 sebesar 0,47 persen dengan tingkat inflasinya 1,77 persen. 

Kemudian inflasi juga disumbang oleh kelompok pengeluaran transportasi sebesar 0,04 persen. dengan besaran inflasinya sendiri 0,30 persen.

"Komoditas dominan yang menyebabkan kelompok transportasi cukup besar andil inflasi karena adanya kenaikan tarif angkutan udara dengan andil 0,03 persen. Kenaikan ini dipicu oleh kenaikan harga avtur dan adanya izin dari pemerintah untuk melakukan penyesuaian biaya serta ada kenaikan permintaan akibat ada kelonggaran perjalanan," ungkap Margo Yuwono.

Berdasarkan komponen, inflasi yang terjadi di bulan Juni 2022 lebih besar dipengaruhi oleh komponen harga bergejolak. Tingkat inflasi dari komponen ini sebesar 2,51 persen dengan andilnya mencapai 0,44 persen. 

(BACA JUGA:Sidak Pasar, Zulkifli Hasan Disuguhi Harga Cabai Rawit Merah Naik Sampai Rp 110 Ribu per Kg)

Penyebab dari minyak goreng, cabai merah, cabai rawit dan bawang merah yang harganya melonjak tinggi.

Kemudian penyumbang kedua adalah komponen inti dengan andil sebesar 0,12 persen dengan tingkat inflasi mencapai 0,19 persen. 

Sementara yang ketiga adalah komponen harga yang diatur pemerintah dengan andil 0,05 persen dan tingkat inflasinya sebesar 0,27 persen.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: