Macet Perbaikan Jalan Pantura Rembang, Diduga Jadi Penyebab Cabai Dijual Rp 120 Ribu Per Kilo di Bekasi

Macet Perbaikan Jalan Pantura Rembang, Diduga Jadi Penyebab Cabai Dijual Rp 120 Ribu Per Kilo di Bekasi

Pekerja menurunkan cabai dari dalam truk-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

BEKASI, FIN.CO.ID - Harga cabai di Pasar Kota Bekasi mengalami kenaikan mencapai Rp 120 ribu per kilo, membuat para pedagang dan pembeli merasa keberatan.

Berdasarkan keterangan yang fin.co.id dapat, kenaikan harga cabai kali ini terbilang sangat tinggi bila dibang dengan sebelum-sebelumnya.

Salah satu Pengusaha Truk Canter bermuatan cabai, Rezatama (21) mengungkapkan, pengiriman cabai dari wilayah Jawa Timur memang terkendala.

"Sebenarnya kalo dari pengiriman tidak begitu signifikan, cuman memang yang paling terdampak pengiriman cabai dari wilayah Jawa Timur," ungkap Rezatama kepada fin.co.id Selasa 21 November 2023.

BACA JUGA :

Menurutnya, jalur pengiriman cabai dari wilayah Jawa Timur terganggu dengan adanya perbaikan Jalan Pantura lama di Rembang Jawa Tengah.

"Karena itu perbaikan jalan di Rembang itu dua jalur, Pantura di Rembang sejauh ini parah perbaikannya, Buka tutup dan macetnya numpuk bisa sampe 10 kilo 11 kilo jaraknya," jelasnya.

Guna memperlancar pengiriman, sebagian besar truk Canter bermuatan cabai harus masuk ke Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) sehingga menambah biaya operasional.

"Mau tidak mau, sebagian kan ada truk yang Full Pantura (tidak lewat tol Cipali), nah yang main full Pantura di kurangin unitnya jadi full tol semua (harus masuk tol Cipali)," ucapnya.

BACA JUGA :

Rezatama mengatakan, pengiriman cabai dari Jawa Timur akan terlambat dan membusuk apabila tetap melintasi kemacatan jalur Pantura.

"Itu kalo dipertahankan lewat Pantura jelas kirim gak tepat waktu, solar juga bengkak, sama kemungkinan busuknya lebih besar," kata Rezatama kepada fin.co.id

Diketahui harga cabai di pasar Kota Bekasi mengalami kenaikan beberapa bulan belakangan, sehingga para pedagang merasa kesulitan saat berdagang.

Tidak hanya mengalami kenaikan harga jual, kualitas Cabai yang dijual di Pasar Induk juga mengalami penurunan diduga karena cuaca.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: