Harga Cabai Tembus Rp120 Ribu, Disdagin Ungkap Pemicunya

Harga Cabai Tembus Rp120 Ribu, Disdagin Ungkap Pemicunya

Ilustrasi - Pasar.-Tuahta Simanjuntak-FIN

TANJUNGPINANG, FIN.CO.ID -- Harga cabai di sejumlah daerah mengalami kenaikan, bahkan saat ini harganya ada yang tembus sampai Rp120 ribu per kilogram.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan, harga cabai saat ini tembus Rp120 ribu per kilogram, kenaikan ini dipicu mahalnya harga pupuk nasional.

(BACA JUGA:Badan Pangan Pasok Cabai dari Sulsel ke Jakarta, Harga Berangsur Turun)

Kepala Bidang (Kabid) Stabilisasi Harga Disdagin Tanjungpinang Muhammad Endy Febri mengatakan, kenaikan harga pupuk sangat berdampak pada harga cabai.

"Kenaikan harga pupuk secara nasional berdampak pada tanaman cabai, karena cabai butuh pupuk," kata Endy, Sabtu, 18 Juni 2022.

Endy menuturkan, minimnya hasil panen dari daerah penghasil juga berdampak terhadap berkurangnya pasokan cabai di Tanjungpinang, imbasnya terjadi kenaikan harga yang cukup tinggi di pasaran.

"Tanjungpinang bukan daerah penghasil, jadi pasokan cabai sangat bergantung dari luar daerah, seperti Pulau Jawa," ujarnya.

(BACA JUGA:Makin Pedas, Harga Cabai Hampir Menyamai Harga Daging Sapi)

Untuk mengantisipasi tingginya harga cabai ini, kata dia, pihaknya bersama Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (DP3) Tanjungpinang akan memaksimalkan petani-petani lokal yang ada di Tanjungpinang.

Pihaknya juga telah menggelar rapat koordinasi dengan distributor dan OPD terkait di Tanjungpinang untuk mencari solusi mengatasi kenaikan harga cabai tersebut.

"Salah satunya memaksimalkan program pupuk subsidi, supaya produktifitas cabai lokal lebih maksimal," ujar Endy Febri.

Menurutnya harga cabai setan sekarang sebesar Rp120 ribu per kilogram, padahal beberapa hari sebelumnya Rp100 ribu per kilogram.

(BACA JUGA:Pedagang Gorengan di Bekasi Minta Maaf ke Pembeli Tak Kebagian Cabai)

Sementara harga cabai rawit dan cabai merah sebelumnya seharga Rp80 ribu per kilogram, naik menjadi Rp100 ribu per kilogram.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: