Harga Cabai Masih Mahal, Jokowi Ajak Warga Tanam di Pekarangan Rumah Masing-Masing

Harga Cabai Masih Mahal, Jokowi Ajak Warga Tanam di Pekarangan Rumah Masing-Masing

Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke Pasar Tradisional Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (2/1/2024).--

FIN.CO.ID- Harga cabai di sejumlah pasar di beberapa kota di tanah air hingga kini masih menyentuh angkah Rp70 ribu hingga 80 ribu di awal tahun 2024. 

Menanggapi itu, Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat agar bisa menanam padi secara mendiri di pekarangan rumah. Sebab menurut Jokowi, harga cabai itu akan turun dan naik sesuai musim.

"Cabai dan tomat itu ya nanem sendiri. Itu kan mudah untuk ditanam di rumah masing-masing, dari dulu cabai itu kan naik turun harganya karena musiman," kata Jokowi saat berdialog dengan masyarakat di Gudang Bulog Serang, Drangong, Kota Serang, Banten, Senin 8 Januari 2024. 

Jokowi mengatakan menanam sayuran secara mandiri bisa menjadi strategi ketahanan pangan warga di tengah kenaikan harga komoditas tersebut.

BACA JUGA:

Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa dirinya telah menanam cabai, tomat, kemangi, dan sawi secara mandiri di pekarangan rumah.

"Nanem cabai itu kan di pot juga bisa, di belakang rumah juga bisa. Saya itu nanem cabai di belakang rumah, cabai saya nanem sendiri. Banyak, bukan hanya cabai, kemangi, ada lalapan sawi hijau, saya tanam sendiri," katanya.

Menurut Jokowi, dengan melakukan tanam secara mandiri, masyarakat tidak merasa khawatir saat ada kenaikan harga komoditas cabai dan sayuran lainnya.

"Kalau ada kenaikan apa pun kan santai. Cabai (harganya) naik ya silakan, di belakang rumah juga ada cabai, tinggal ambil," katanya.

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Banten, di antaranya dalam rangka menyalurkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah di Dudang Bulog Serang, Drangong, Kota Serang, Banten.

BACA JUGA:

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan dalam menjaga harga cabai adalah dengan melakukan subsidi dari daerah surplus ke defisit.

“Beberapa daerah, bupati bisa turun tangan, subsidi transport bisa jualan ke Jawa untungnya kan besar sebetulnya karena di tempat asal Rp20 ribu-Rp25 ribu,” kata Mendag Zulkifli Hasan seusai meninjau harga bahan pangan pokok di Pasar Palmerah, Jakarta Barat, Kamis 4 Januari 2024 lalu.

Mendag menuturkan harga cabai merah keriting yang sempat melambung hingga Rp120 ribu per kg pada Desember lalu, akibat musim hujan yang berdampak pada penurunan produksi petani.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: