Ustaz Abdul Somad Disebut Media Asing Sebagai Penceramah Ekstrem Indonesia

Ustaz Abdul Somad Disebut Media Asing Sebagai Penceramah Ekstrem Indonesia

Ustaz Abdul Somad (UAS) saat berada di Imigrasi Singapura- ustadzabdulsomad_official-Instagram

"Diketahui salah satu dari tujuh orang tersebut adalah pemuka agama di Indonesia beserta keluarganya yang tiba pukul 18.10 WIB dari Pelabuhan Tanah Merah Singapura menggunakan Kapal Majestic Pride," kata Saleh dalam keterangannya, Selasa, 17 Mei 2022.

Ustaz Abdul Somad, kata dia, berserta keluarga diketahui berangkat menggunakan kapal MV Brilliance of Majestic pada Senin pukul 12.50 WIB menuju Singapura dari TPI Batam Center. 

Setiba di sana, ICA (Otoritas Imigrasi dan Pemeriksaan Singapura) menolak masuk (denied entry) ketujuh orang tersebut dengan alasan tidak memenuhi syarat untuk berkunjung ke Singapura. 

(BACA JUGA:Denny Siregar Sindir Ustaz Abdul Somad: Mad, Mending Lu Perbaiki Diri, Kenapa Orang Malas Lihat Lu! )

Tujuh orang tersebut langsung kembali ke Indonesia pada kesempatan pertama dan tiba kembali di TPI Batam Center pada pukul 18.10 WIB. 

Adapun alasan dan keputusan penolakan ketujuh orang tersebut menjadi wewenang penuh dari otoritas imigrasi Singapura.

"Tidak ada masalah dalam paspor mereka bertujuh, dari Imigrasi Indonesia sudah sesuai ketentuan. Alasan kenapa otoritas imigrasi Singapura menolak mereka itu sepenuhnya kewenangan dari Singapura, yang tidak bisa kita intervensi," jelas Saleh.

Ia menjelaskan, Imigrasi Indonesia tidak menemukan adanya permasalahan dalam dokumen keimigrasian Abdul Somad dan keluarganya.

(BACA JUGA:Ternyata Ustaz Abdul Somad Pernah Ditolak di 5 Negara, Alasannya: Dicap Teroris)

Namun, lanjutnya, penolakan masuk kepada warga negara asing (WNA) oleh otoritas imigrasi suatu negara merupakan hal yang lazim dilakukan untuk menjaga kedaulatan negara tersebut.

Sebelumnya, melalui akun media sosialnya, UAS menulis dan membenarkan dirinya telah dideportasi oleh Imigrasi Singapura. Sebelum dideportasi, UAS mengaku ditempatkan di sebuah ruangan berukuran 1x2 meter.

Sebagaimana diketahui, kedatangan UAS ke Singapura untuk liburan bersama keluarga dan sahabatnya.

"Dalam rangka libur, ini kan memang hari libur. kebetulan sahat saya ini dekat rumahnya dari Singapura," ucap UAS dari kanal Youtube Hai Guys Official.

(BACA JUGA:PKS Dorong Pemerintah Bela UAS, Tuntut Singapura Minta Maaf dan Tarik Tuduhannya )

UAS bersama keluarga dari Batam menuju pelabuhan Singapura pada Senin, 16 Mei 2022 kemarin. Ia tiba di pelabuhan Tanah Merah Singapura sekitar pukul 13.30 WIB.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: