Ustaz Abdul Somad Disebut Media Asing Sebagai Penceramah Ekstrem Indonesia

Ustaz Abdul Somad Disebut Media Asing Sebagai Penceramah Ekstrem Indonesia

Ustaz Abdul Somad (UAS) saat berada di Imigrasi Singapura- ustadzabdulsomad_official-Instagram

JAKARTA, FIN.CO.ID – Insiden penolakan Ustaz Abdul Somad (UAS) oleh imigrasi Singapura juga jadi sorotan media asing.

Sejumlah media asing menyebut UAS sebagai Extremist Indonesian Precher atau penceramah ekstrem Indonesia.

(BACA JUGA:Pedas! Tifatul Sembiring 'Semprot' Guntur Romli yang Sindir Ustaz Abdul Somad Dideportasi Singapura)

Dalam foto tangkapan layar pemberitaan media asing tersebut, tampak salah satunya yakni artikel The Times of India yang dalam judul artikelnya menyebut Singapura menolak masuk penceramah ekstrem Indonesia. 

“Singapore denies entry to ‘extremist’ Indonesian Preacher (Singapura tolak masuk ‘ekstrimis’ pengkhotbah Indonesia),” tulis https://timesofindia.indiatimes.com dalam judul beritanya seperti dikutip FIN pada Kamis (19/5/2022).

Judul pemberitaan serupa juga ditulis media asing lainnya. South China Morning Post https://www.scmp.com juga menulis judul: "Singapore denies entry to ‘extremist’ Indonesian preacher who sought to ‘legitimise suicide bombings’ (Singapura menyangkal masuknya pengkhotbah Indonesia 'ekstremis' yang berusaha untuk 'melegitimasi bom bunuh diri')

Media Channel News Asia https://www.channelnewsasia.com pun menurunkan tulisan yang tidak kalah bombastis.

(BACA JUGA:Usai Denny Siregar Sindir Abdul Somad, Helmi Felis: Kenapa Suka Mancing Emosi Pendukung Ulama?)

“Indonesian preacher Abdul Somad Batubara, known for ‘Extremist’ and ‘segregationist’ teachings, denied entry into Singapore: MHA (Pengkhotbah Indonesia Abdul Somad Batubara, yang dikenal dengan ajaran ‘Ekstrimis’ dan ‘segregasi’, ditolak masuk ke Singapura: MHA,” tulis Channel News Asia  

Begitu juga dengan media Strait Times https://www.straitstimes.com . Media terkenal Reuters menurunkan tulisan berjudul "Singapore denies entry to Indonesian cleric, cites extremism concerns (Singapura menolak masuknya ulama Indonesia, mengutip kekhawatiran ekstremisme).

Seperti diberitakan Ditjen Imigrasi Kemenkumham menjelaskan kabar yang menyebut Ustaz Abdul Somad (UAS) dideportasi dari Singapura.

Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi, Achmad Noer Saleh menuturkan, petugas dari Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pelabuhan International Batam Center telah memeriksa kedatangan tujuh orang WNI yang ditolak masuk Singapura oleh otoritas Imigrasi Singapura pada Senin, 16 Mei 2022.

(BACA JUGA:Abdul Somad Ditolak Masuk, Ketua MUI Cerita 2 Jam Diinterogasi Imigrasi Singapura Karena Nama Muhammad)

Ketujuh WNI tersebut di antaranya berinisial ASB (Abdul Somad Batubara), SN, Hn, FA, AMA, SQA, SAM. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: