Sering Konsumsi Bawang Bombay? Berikut 5 Manfaatnya, Salah Satunya Cegah Kanker

Sering Konsumsi Bawang Bombay? Berikut 5 Manfaatnya, Salah Satunya Cegah Kanker

Berikut 5 Manfaat bawang bombay--Pixabay/PublicDomainPictures

Bawang bombay yang termasuk genus Allium dikaitkan membantu menurunkan risiko kanker tertentu, termasuk perut dan kolorektal. Manfaat bawang bombay ini dikaitkan dengan senyawa sulfur dan antioksidan flavonoid yang ditemukan dalam allium.

Bawang bombay juga mengandung senyawa belerang yang telah terbukti mengurangi perkembangan tumor dan memperlambat penyebaran kanker ovarium dan paru-paru.

4. Bantu Mengontrol Gula Darah

Manfaat bawang bombay juga bisa membantu mengontrol gula darah. Ini sangat penting bagi penderita diabetes atau pradiabetes. Senyawa spesifik yang ditemukan dalam bawang, seperti senyawa quercetin dan sulfur, memiliki efek antidiabetes.

(BACA JUGA:Modal Ciu Seharga Rp20 Ribu, Anak SMP Diperkosa Pekerja Gudang)

Misalnya, quercetin telah terbukti berinteraksi dengan sel-sel di usus kecil, pankreas, otot rangka, jaringan lemak dan hati untuk mengontrol regulasi gula darah seluruh tubuh.

5. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat bawang bombay mengandung selenium yang merangsang fungsi kekebalan tubuh. Mineral ini juga mencegah respon imun yang berlebihan, yang dapat memiliki efek buruk.

Sel-sel kekebalan yang kekurangan selenium berkembang dan bereproduksi secara tidak efisien. Sel-sel tersebut juga mengalami kesulitan dalam memproduksi protein penting dan mengangkut kalsium.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Aulia Nur Arham

Tentang Penulis

Sumber: