Awas! 5 Jenis Minuman Ini Bisa Buat Ginjal Rusak, Segera Hindari Sebelum Terlambat

Awas! 5 Jenis Minuman Ini Bisa Buat Ginjal Rusak, Segera Hindari Sebelum Terlambat

Penyebab Masalah Ginjal, Image oleh mohamed Hassan dari Pixabay--

Jus buah kemasan instan umumnya seringkali sudah diberi pemanis atau gula tambahan sehingga tinggi kalori. Selain menyumbang tumpukan lemak berlebih, minuman jus kemasan ini berpotensi merusak fungsi ginjal.

(BACA JUGA:Ingat! 5 Tips yang Harus Dilakukan Sebelum Vaksin Covid-19, Salah Satunya Tidur yang Cukup)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang gemar minuman kemasan sangat rentan terhadap penyakit ginjal kronis, dibanding mereka yang mengonsumsi lebih banyak minum air putih.

4. Soda

Begitu juga dengan minuman bersoda manis biasanya mengandung banyak fosfor dan kalium, sehingga dapat merusak kapiler nefron pada ginjal.

Sebuah studi dari Tehran Lipid dan Glukosa menemukan, terlalu banyak mengonsumsi minuman soda memiliki risiko dua kali lebih besar terhadap penyakit ginjal kronis.

Di samping itu, bahan-bahan kimia serta mineral dalam minuman soda dapat memberi tekanan ekstra pada fungsi ginjal.

(BACA JUGA:Awas! Ini 5 Tanda Anda Mengidap Penyakit Kronis, Gejalanya Cukup Mengerikan)

5. Soda Diet

Minum soda diet mungkin tidak jauh lebih baik daripada minuman yang dimaniskan dengan gula atau sirup jagung fruktosa tinggi dalam hal kesehatan ginjal Anda.

Jenis minuman yang bisa merusak ginjal ini merupakan air berkarbonasi, yakni karbondioksida dan dilarutkan dalam air bertekanan.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Clinical Journal of American Society of Nephrology, konsumsi soda berlebih berisiko meningkatkan penurunan fungsi ginjal.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Aulia Nur

Tentang Penulis

Sumber: