Pelabuhan Penyeberangan Di Kawasan Pariwisata Danau Toba Segera Diresmikan

Pelabuhan Penyeberangan Di Kawasan Pariwisata Danau Toba Segera Diresmikan

Salah satu pelabuhan penyeberangan Danau Toba yang akan diresmikan Presiden Jokowi pada Rabu, 2 Februari 2022-BKIP Kemenhub-

Selain membangun prasarana pelabuhan penyeberangan, Kemenhub juga telah membangun sarana kapal penyeberangan yang juga akan diresmikan bersamaan dengan tujuh pelabuhan penyeberangan. 

Sebanyak empat kapal akan diresmikan yaitu: Dua unit Bus Air yaitu Asa-Asa dan Jurung-Jurung, serta dua unit Kapal Motor Penyeberangan (KMP) yaitu Kaldera Toba dan Pora-Pora. Keberadaan kapal ini melengkapi satu unit kapal yang telah diresmikan yaitu KMP Ihan Batak.

Hari ini selain meninjau sejumlah pelabuhan penyeberangan, Menhub juga meninjau Bandara Sibisa yang berada di Kabupaten Toba. Lokasi Bandara Sibisa sangat dekat dengan Parapat yang merupakan pintu masuk kawasan Danau Toba. Keberadaan Bandara Sibisa akan berbagi peran dengan Bandara Silangit.

(BACA JUGA:Realisasi Penyaluran KUR Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tembus Rp120 Triliun)

Besok Selasa, 1 Januari 2022, direncanakan Menhub akan meninjau sejumlah pelabuhan penyeberangan lainnya yang akan diresmikan yaitu  Baktiraja, Muara, dan Balige dengan menggunakan helikopter. 

Selain itu Menhub juga akan meninjau kesiapan kegiatan peresmian tujuh pelabuhan dan empat kapal penyeberangan yang akan dipusatkan di Pelabuhan Penyeberangan Ajibata, Kabupaten Toba.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: