Ekonomi

Buku 'Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia' Terbit Dalam Bahasa Jepang, Perkokoh Fondasi Kerja Sama Kedua Negara

fin.co.id - 2024-05-26 20:49:12 WIB

Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Darmawan Prasodjo

FIN.CO.ID - Kinerja Presiden Joko Widodo dalam membawa kesuksesan Indonesia saat ini menjadi inspirasi bagi berbagai negara. Setelah sebelumnya diterjemahkan dalam bahasa Inggris, Arab, Korea, dan Spanyol, kini kinerja Presiden ke-7 RI yang tertuang dalam buku biografi 'Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia' diluncurkan dengan versi bahasa Jepang dan mendapat apresiasi berbagai pihak. Peluncuran buku versi bahasa Jepang ini juga akan memperkokoh hubungan Indonesia-Jepang yang sudah terjalin baik.

Peluncuran buku ini dilaksanakan di Akasaka Intercity Conference Center (AICC), Tokyo, Jepang, pada Kamis (23/5). Ratusan peserta yang terdiri dari Perwakilan KBRI, civitas akademika, pelaku bisnis, dan mahasiswa Jepang yang berasal dari Indonesia dan beberapa negara lainnya hadir membanjiri AICC, Tokyo. Sebelumnya peluncuran buku biografi Jokowi juga telah dilakukan di beberapa negara lain seperti Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Spanyol.

Wakil Duta Besar RI untuk Jepang, Maria Renata Hutagalung menilai, kepemimpinan Presiden Joko Widodo terbukti efektif mendorong geliat perekonomian, khususnya dalam hubungan bilateral ekonomi Indonesia dan Jepang.

“Pembangunan di era Presiden Jokowi sangat fenomenal. Banyak impian pembangunan yang sebelumnya hanya pembahasan visi dapat diwujudkan oleh Pak Jokowi. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, Pak Jokowi merupakan sosok yang sangat inspiratif dan banyak menginspirasi masyarakat global,” ujar Maria.

Maria berharap diluncurkannya buku Biografi Jokowi dalam bahasa Jepang ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat Jepang.

Capaian keberhasilan Presiden Jokowi dalam memimpin negeri juga mendapat apresiasi dari kalangan akademisi.

Pengamat ekonomi Asia dan hubungan internasional Prof. Dr. Tirta Nugraha Mursitama yang juga Wakil Rektor Universitas Bina Nusantara mengatakan kepiawaian Presiden Jokowi membaca situasi global dan mengambil keputusan dengan cermat mampu membawa Indonesia bersaing di tingkat global.

“Presiden Jokowi tidak hanya memahami situasi dalam negeri tetapi juga sekaligus mampu menjawab tantangan persaingan di tingkat global. Sehingga dalam kebijakannya, Presiden Jokowi mengambil langkah-langkah strategis untuk kepentingan yang lebih luas,” ujarnya.

Prof. Tirta mencontohkan, Presiden Jokowi menghadirkan produk regulasi Undang-Undang Cipta Kerja yang diterbitkan guna mendukung iklim investasi di Indonesia. Beleid ini berhasil disahkan dan sukses mendukung kepentingan industri dalam negeri. Iapun menyoroti kebijakan hilirisasi industri Presiden Jokowi yang menjadi elemen penting dalam meningkatkan geliat investasi di Indonesia.

Senada, konsultan sekaligus praktisi bisnis Indonesia-Jepang, Hasanudin Abdurakhman, menjelaskan kebijakan-kebijakan yang dihadirkan di era Presiden Jokowi yang berhasil membangun sistem ekonomi, mendapatkan pujian dari perusahaan Jepang. Ia menceritakan bagaimana pembangunan infrastruktur seperti jalan dan kelistrikan saat masa pemerintahan Presiden Jokowi mendukung berkembangnya industri di Tanah Air.

Tidak hanya dari sisi infrastruktur, Hasanudin juga mengapresiasi penyesuaian regulasi yang dibuat saat pemerintahan Presiden Jokowi mendukung iklim usaha di Indonesia, sehingga semakin banyak investor yang tertarik berinvestasi.

“Dulu Undang-Undang Ketenagakerjaan dibangun untuk menjamin kesejahteraan buruh. Kini, Undang-Undang Cipta Kerja bukan hanya mendukung kesejahteraan buruh, tetapi juga sangat mendukung pengembangan bisnis dan kemudahan berusaha,” tambahnya.

Sepuluh tahun terakhir Indonesia telah mengalami transformasi besar, dahulu pembangunan hanya dirasakan di kota-kota besar, sekarang pembangunan kian merata dan dirasakan sampai ke pelosok negeri. Struktur perekonomian yang dahulu berbasis konsumsi kini berbasis produksi, membuat ekonomi Indonesia jauh lebih produktif.

Penulis buku 'Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia', Darmawan Prasodjo mengatakan buku yang ditulis ini tidak hanya berbasis pada sudut pandang teknokratis, tetapi mengisahkan bagaimana Presiden Jokowi memetakan mimpi Indonesia dari seluruh rakyat dan membangunnya dalam sebuah kebijakan. Buku yang kini hadir dalam bahasa Jepang ini juga akan menjadi inspirasi masyarakat Jepang dan akan memperkuat fondasi hubungan Indonesia dengan Jepang.

“Tidak hanya selesai pada pertumbuhan ekonomi yang berkembang pesat, Presiden Jokowi juga memberikan akses pendidikan hingga kesehatan pada seluruh masyarakat serta memanfaatkan sumber daya nasional. Langkah Presiden Jokowi ini menjadi fondasi kuat dalam mengakselerasi perekonomian nasional,” imbuhnya.

Admin
Penulis