Viral

Viral! Aksi Sopir Jatuh Bangun Kejar Truk yang Jalan Sendiri di Tol Kalikangkung Semarang

FIN.CO.ID - Beredar di media sosial seorang sopir mengejar truk yang jalan sendiri di gerbang Tol Kalikangkung.

Akhirnya seorang supir berhasil masuk ke ruang kemudia dan menghentikan truknya.

Peristiwa ini menjadi viral di media sosial setelah diunggah melalui akun media sosial @RadioEshinta pada Kamis, 18 April 2024.

Dari video dascham mobil terekam sebuah mobil truk membawa muatan meluncu tanpa sopir di gerbang tol Kalikangkung Semarang, Jawa Timur.

BACA JUGA:

Lalu seorang sopir sempat menumpang mobil putih. Setelah itu sang sopir keluar dari mobil lalu mengejar truk tersebut.

Truk terus melaju tanpa arah sampai menabrak pembatas jalan tol. Namun sang sopir berlalri mengejar sampai terjatuh di aspal.

Setelah berjuanga dan sekuat tenaga, sopir terseut berhasik sampai masuk ke ruang kemudi.

Berikutnya sopir berhasil mengendalikan truk di jalan tol.

Video aksi supir tersebut mendapatkann reaksi dari warga netizen 

"Mau nangis pas bapaknya jatuh, ya Allah kasian bener semoga beliau sehat wal afiat," tulis netizen.

"Itu kayanya udah dihandrem tapi masih jalan. Sering terjadi kalau parkir di turunan. Makanya aku sendiri selalu masukin persneling mundur kalau parkir," ucap netizen lainnya.

"Pentingnya mengganjal ban agar tidak tetap meluncur meski sudah menggunakan hand brake. Apalagi di kondisi jalan menurut sambil membawa muatan alat berat. Alhamdulillah kendaraan masih dapat dikejar tanpa ada jatuhnya korban," komentar netizen.

Insiden ini terjadi pada Kamis, 18 April 2024 di gerbang tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah. Kamis (18/04/2024) sekitar pukul 7.30 WIB.

 

BACA JUGA:

Pentingnya Rem Tangan 

Jangan Anggap Sepele! Pentingnya Rem Tangan untuk Keamanan Kendaraan Anda

Rem tangan, sering juga disebut rem parkir, kerap dianggap sebagai fitur pelengkap pada kendaraan. Padahal, fungsinya sangat krusial untuk keselamatan Anda dan pengendara lain. Artikel ini akan membahas pentingnya rem tangan dan hal-hal yang perlu Anda ketahui.

1. Keamanan Saat Parkir

Fungsi utama rem tangan adalah menjaga kendaraan tetap diam saat parkir, terutama di tempat dengan permukaan tidak rata. Rem tangan bekerja dengan mengunci roda belakang mobil, sehingga mencegahnya menggelincir yang bisa menyebabkan kecelakaan.

2. Keamanan Tambahan

Rem tangan menjadi keamanan tambahan, terutama saat Anda parkir di tanjakan atau turunan. Meskipun Anda sudah menggunakan rem pedal, rem tangan dapat membantu mencegah mobil bergerak mundur (tanjakan) atau maju (turunan) secara tidak terkendali.

3. Mengurangi Beban Rem Utama

Saat parkir di tempat dengan kondisi tertentu, seperti tanjakan curam, penggunaan rem tangan dapat mengurangi beban kerja rem utama (rem pedal). Hal ini penting untuk menjaga keawetan rem utama, yang lebih sering digunakan untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan saat berkendara.

4. Mencegah Kegagalan Rem Utama

Dalam situasi darurat dimana rem utama mengalami kegagalan, rem tangan bisa menjadi penyelamat. Anda dapat menarik rem tangan secara perlahan untuk memperlambat laju kendaraan. Namun, perlu diingat bahwa kemampuan pengereman rem tangan tidak sekuat rem utama.

5. Cara Menggunakan Rem Tangan yang Benar

Tarik tuas rem tangan hingga Anda merasakan bunyi klik yang menandakan rem sudah aktif.

Untuk melepaskan rem tangan, injak pedal rem terlebih dahulu, kemudian tekan tombol pelepas pada tuas rem tangan, baru kemudian lepaskan tuas secara perlahan.

6. Perawatan Rem Tangan

Lakukan pemeriksaan rem tangan secara berkala di bengkel.

Jangan biarkan rem tangan terus menerus dalam keadaan aktif, terutama saat mobil diparkir dalam waktu lama. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada kampas rem tangan.

Dengan memahami pentingnya rem tangan dan cara penggunaannya yang benar, Anda dapat berkendara dengan lebih aman dan nyaman.

Admin
Penulis