Wajib Bugar! Ini Makanan Disarankan untuk Pilot & Kopilot Biar Gak Ngantuk saat Menerbangkan Pesawat

Wajib Bugar! Ini Makanan Disarankan untuk Pilot & Kopilot Biar Gak Ngantuk saat Menerbangkan Pesawat

Ini Makanan Disarankan untuk Pilot & Kopilot Biar Gak Ngantuk saat Menerbangkan Pesawat -fin/dalpa/eca-

FIN.CO.ID - Seorang pilot dan kopilot wajib sehat saat menerbangkan pesawat. Untuk menjaga stamina dan kebugaran, pilot dan kopilot disarankan mengkonsumsi makanan kaya serat saat sahur selama Ramadan. 

Untuk menjaga konsentrasi Pilot dan kopilot juga diminta tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan tinggi gula.

“Yang perlu diperhatikan pada saat pilot memutuskan untuk tetap berpuasa selama menjalankan tugas, tentunya yang harus diatur adalah pada saat dia sahur. Makanannya harus yang berserat tinggi, tidak terlalu banyak gula. Karena jika kadar gula darah mendadak turun itu pengaruhnya terhadap fokus dan konsentrasi,” ujar dokter spesialis kedokteran penerbangan, dokter Retno Wibawanti. 

Seperti diketahui, pada akhir Januari lalu pilot dan kopilot dari maskapai Batik Air mengalami kelelahan hingga tertidur dalam penerbangan rute Kendari-Jakarta. 

Atas kejadian tersebut, pihak maskapai menonaktifkan untuk sementara pilot penerbangan nomor ID-6723 tersebut.

BACA JUGA:

Menurut Retno, kelelahan memang tidak didefinisikan sebagai suatu penyakit. Namun, penting untuk mengelola faktor risiko yang dialami apabila seseorang kelelahan terlebih seorang pilot.

“Khusus untuk para penerbangan, yang jadi membahayakan adalah menurunnya kemampuan untuk mengambil keputusan. Ini sangat berpengaruh, karena setiap pilot harus mampu mengambil keputusan yang bereaksi pada waktu yang tepat saat terjadi keadaan emergency,” terang Retno.

Dikatakan, apabila pilot dan kopilot terganggu dari dua faktor tadi, hal itu tentunya berdampak pada keselamatan penerbangan. 

“Karena pilot itu tanggung jawabnya tidak hanya kepada dirinya sendiri, tetapi terhadap pesawatnya, terhadap cargonya, dan terhadap penumpangnya juga,” ujarnya.

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: