4 Manfaat Minyak Alpukat yang Belum Diketahui Banyak Orang, Ternyata Baik untuk Mata

4 Manfaat Minyak Alpukat yang Belum Diketahui Banyak Orang, Ternyata Baik untuk Mata

Minyak alpukat merupakan minyak yang diekstrak dari buah alpukat yang merupakan buah dari pohon Persea Americana. Foto Pixabay--

Minyak alpukat juga mengandung vitamin E, A, dan B, serta asam lemak esensial yang meningkatkan elastisitas, kekenyalan, dan kilau kulit dan rambut.

4. Perbanyak asupan karotenoid dari sayuran

Karotenoid merupakan pigmen tumbuhan dengan sifat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat mencegah berbagai jenis kanker dan penyakit kronis.

Namun kekurangan lemak membuat tubuh sulit menyerap karotenoid. Minyak alpukat dapat meningkatkan penyerapan karotenoid hingga 15 kali lipat bila dikonsumsi bersama sayuran seperti wortel, bayam, dan tomat.

Minyak alpukat dapat digunakan dalam berbagai cara, baik sebagai bahan masakan maupun sebagai produk perawatan pribadi.

BACA JUGA:Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Rasakan Khasiatnya Sendiri!

BACA JUGA:Ternyata Minum Kopi Susu Banyak Beragam Manfaatnya untuk Kesehatan Lho

Berikut tips penggunaan minyak alpukat:

1. Untuk Memasak Pilih minyak alpukat yang tidak dimurnikan (extra virgin) atau minyak alpukat yang dimurnikan (refined).

Minyak alpukat yang tidak dimurnikan memiliki rasa dan aroma yang khas serta warna hijau zamrud karena kandungan klorofil dan karotenoidnya.

Minyak alpukat yang dimurnikan memiliki rasa dan aroma yang lebih ringan serta warnanya kuning pucat karena proses pemurnian yang menghilangkan sebagian warna dan bau.

Kedua jenis minyak alpukat ini memiliki titik asap yang tinggi (250°C atau 482°F untuk yang tidak dimurnikan, 271°C atau 520°F untuk yang dimurnikan) dan cocok untuk menggoreng, menggoreng, memanggang, atau mengoles.

BACA JUGA:Manfaat Berenang, Benarkah Bisa Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental?

BACA JUGA:Manfaat Apel untuk Kesehatan, Konsumsi Buah Ini Setiap Sahur dan Buka Puasa

2. Untuk Perawatan Kulit

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Lovvi Malino

Tentang Penulis

Sumber: