AHY Dulu Kritik Pembangunan IKN, Kini Mengaku Terpukau Usai Menjabat Menteri ATR

AHY Dulu Kritik Pembangunan IKN, Kini Mengaku Terpukau Usai Menjabat Menteri ATR

Menteri ATR Agus Harimurti berkunjung ke IKN-ATR-

AHY dulunya paling terdepan mengkritik pembangunan IKN yang dianggap pemborosan anggaran. 

 AHY menilai proyek pembangunan IKN Nusantara dipaksakan. AHY mengatakan, Partai Demokrat memandang tak ada yang salah dari semangat pembentukan IKN. Sebab argumennya logis. Namun, pemilihan waktu pembangunan proyek ini yang dinilai menjadikannya kurang logis.

"Menjadi kurang logis saat ini ketika ekonomi Indonesia sedang sulit, tidak sedang baik-baik saja, masyarakat kita juga sedang tidak baik-baik saja. Seolah ada yang memaksakan diri, tadi, fiskal kita udah makin sempit, utang kita makin besar, investasi juga tidak mengalir deras seperti yang diharapkan," kata AHY di DPP Partai Demokrat beberapa tahun lalu. 

"Karena masing-masing negara, masing-masing investor juga mengukur diri. Jangan sampai investasi di Indonesia untuk proyek yang luar biasa besarnya tapi prospeknya belum jelas karena tahu juga berapa kemampuan Indonesia saat ini," sambung dia.

AHY Tidak Mengelak Pernah Kritik IKN. 

Saat ditanya terkair sikapnya yang pernah kritik IKN, AHY akuin tidak mengelak. Menurut putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, mengatakan berniat baik kala melontarkan kritik terhadap pembangunan IKN kala itu.

"Saya tidak terbiasa untuk mengelak dari apa yang saya sampaikan dan saya menyampaikan itu juga dengan niatan yang baik. Presiden Jokowi juga pasti memahami. Kami hanya mengingatkan ketika itu ada masa recovery pasca covid," kata AHY saat berkunjung ke kawasan proyek IKN, Sepaku, Penajam Paser Utara, Kaltim, Rabu 28 Februari 2024.

Namun, katanya, setelah itu kondisi paceklik berakhir dan berhasil teratasi dengan baik, kata AHY, perekonomian Indonesia pun kembali tumbuh. Dengan begitu, tidak ada lagi halangan terhadap perekonomian Indonesia untuk membangun IKN.

Ia menyebut pembangunan IKN harus berfokus pada sektor investasi. Menurutnya, kekuatan pembangunan IKN berada di sektor tersebut. AHY tak ingin pembangunan IKN menyedot banyak dari APBN.

"Justru sekarang kita fokus pada investasi. Karena kekuatan pembangunan mahakarya seperti ini tentu di investasi. Kita tidak ingin habis-habisan dari APBN tentunya. Tapi investasi yang dialirkan baik dari dalam maupun dari luar negeri," ujar AHY. (*) 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: