Progres Pembangunan Capai 87 Persen, Rumah Dinas Pak Bas Bersebelahan dengan Menhub BKS

Progres Pembangunan Capai 87 Persen, Rumah Dinas Pak Bas Bersebelahan dengan Menhub BKS

Pak Bas (Basuki Hadimuljono) berpose di depan rumah tapak dinas Menteri, di KIPP IKN Nusantara, Selasa 7 Mei 2024--(Dok Sigit Nugroho/fin)

FIN.CO.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan pembangunan rumah tapak dinas Menteri akan selesai pada Juli 2024. Pembangunan rumah tapak dinas Menteri itu saat ini sudah masuk tahap akhir.

Hal itu diketahui saat kunjungan kerja Menteri PUPR ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Selasa 7 Mei 2024. Menurut Basuki, menyebut progres pembangunan rumah tapak dinas Menteri saat ini sudah mencapai 87 persen.

"Progres 87 persen, tapi nanti Juli (2024) pasti sudah 36 (Rumah tapak dinas Menteri) selesai dibangun," ungkap Basuki.

Kawasan rumah tapak dinas Menteri itu sendiri masuk di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), dan masuk pada tahap 1 pembangunan IKN Nusantara. Adapun untuj rumah dinas yang nantinya akan ia tempati, terletak pada distrik 107 dan bertetangga dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS).

Pak Bas pada kesempatan itu juga melakukan room tour bersama dengan awak media yang meliput. Basuki pun  menyampaikan rumah dua lantai dengan empat kamar tidur tersebut secara bangunan, mulai dari fisik material, hingga arsitektural interior menggunakan produk dalam negeri. Ia memastikan pembangunan IKN mampu meningkatkan program Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) menjadi lebih optimal.

"Cuma sistem smart home-nya saja yang tidak TKDN," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk suplai daya yang dipakai dalam rumah menteri tersebut menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkekuatan 6.600 watt yang bisa mencukupi kebutuhan pasokan listrik rumah dinas secara menyeluruh.

Selain itu, dirinya memastikan suplai air yang berasal dari reservoir KIPP cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah dinas, serta air yang terdistribusi bisa diminum secara langsung.

Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan Istana Negara dan Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur saat ini sudah memasuki pengerjaan arsitektural interior.

"Istana itu sudah 67 persen, nanti Juni sudah selesai, sekarang sudah pengerjaan arsitektural, pekerjaan interior, ukiran, dan sebagainya. Sedangkan Kantor Presiden itu sudah 80 persen lebih. Jadi semuanya insya Allah selesai pada bulan Juni," kata dia.

Dirinya menyampaikan secara garis besar barang yang dijadikan sebagai interior di Istana Negara maupun Kantor Presiden berasal dari dalam negeri, seperti Lampu dan ukiran yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB), serta Boyolali. (Sigit Nugroho)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Admin

Tentang Penulis

Sumber: