Infrastruktur Dasar IKN Nusantara Rampung Juni, Air Siap Minum Tersedia di Banyak Titik

Infrastruktur Dasar IKN Nusantara Rampung Juni, Air Siap Minum Tersedia di Banyak Titik

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat melakukan kunjungan ke IKN Nusantara pada Senin 6 Mei 2024--(Sigit Nugroho/FIN)

FIN.CO.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan bahwa pembangunan infrastruktur dasar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tahap 1 akan rampung digarap pada bulan Juni 2024.

Basuki memastikan hal tersebut saat melakukan kunjungan ke IKN Nusantara pada Senin 6 Mei 2024, untuk memastikan proyek prestisius tersebut siap digunakan pada momen upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2024 mendatang.

Infrastruktur dasar yang dimaksud antara lain adalah Kantor Presiden, Istana Negara, Kantor Kemenko, Rumah Susun Aparatur Sipil Negara (ASN), hingga lapangan upacara hingga akses jalan, bandara VVIP hingga penataan utilitas dan air siap minum.

"Air siap minum (akan) ada di seluruh fasilitas IKN. Jadi airnya dari Sepaku, IPA (Instalasi Pengolahan Air Minum) Sepaku, pipa seoanjang 17 km sudah tersambung semua. Jadi nanti dari IPA, dipompa semua kesini, jadi air minum, bukan air bersih lagi," ungkap Basuki menjawab pertanyaan fin.co.id.

Basuki mengatakan, air akan dijernihkan terlebih dahulu di fasilitas penjernihan IPA Sepaku, sebelum akhirnya disambungkan melalui pipa sepanjang transmisi. Air tersebut sudah berbentuk air minum dan air bersih dengan kapasitas aliran 2x6.000 meter kubik.

"Dari sini ke IKN mulai dari kantor presiden, istana presiden, dan semua perkantoran termasuk hotel dan semua fasilitas di IKN nanti kami jadwalkan dan sudah rapatkan, pompanya 2x300 liter per detik akan datang akhir Mei ini dan akan kita install dan juni akan kita commisioning di sini," pungkasnya.

Sebagai informasi, Menteri Basuki melakukan peninjauan pembangunan IKN Nusantara pada Senin 6 Mei 2024, antara lain peninjauan pembangunan Kantor Kepresidenan, Istana Negara, Lapangan Upacara, Multi Utility Tunnel (MUT), hingga peninjauam jalur pedestrian dan Rusun Paspampres. (Sigit Nugroho)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Admin

Tentang Penulis

Sumber: