AHY Dulu Kritik Pembangunan IKN, Kini Mengaku Terpukau Usai Menjabat Menteri ATR

AHY Dulu Kritik Pembangunan IKN, Kini Mengaku Terpukau Usai Menjabat Menteri ATR

Menteri ATR Agus Harimurti berkunjung ke IKN-ATR-

FIN.CO.ID- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku terpukau dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan. 

AHY secara khusus datang bersama Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni ke IKN pada Rabu kemarin 28 Februari 2024.

Setibanya di Kalimantan Timur keduanya melakukan perjalanan darat dari Kota Balikpapan, dan berhenti sejenak di Kodam VI Mulawarman untuk menyerahkan sertifikat lahan untuk Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Ketua Umum Partai Demokrat ini, dulunya paling keras mengkritik dan menyindir pembangunan IKN oleh Jokowi yang dianggap sebagai pemborosan.

BACA JUGA:

Kali ini, setelah melakukan kunjungan perdana ke IKN, AHY akui terpukau dengan IKN dan memuji Presiden Jokowi setelah diberi jabatan sebagai Menteri ART. 

"Kesan pertama, saya terpukau dengan apa yang menjadi mimpi besar Bapak Presiden RI Jokowi dan kita semua untuk menghadirkan pusat pemerintahan,"kata AHY kepada wartawan, Rabu 28 Februari 2024.

AHY berharap, IKN menjadi pusat kemajuan bangsa dan peradaban Nusantara yang diharapkan benar-benar bisa menghadirkan kebijakan dan terus memajukan ekonomi Indonesia serta meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

AHY bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Titik Nol Nusantara dan secara langsung tonggak di Titik Nol.

Dalam kunjungan ke Titik Nol, AHY diterima oleh para Deputi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) serta sejumlah pihak termasuk dari jajaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan para kontraktor yang terlibat dalam pembangunan IKN.

BACA JUGA:

AHY memuji Jokowi bahwa, pembangunan IKN merupakan proyek besar dan sebuah mahakarya di mana pemerintah memfokuskan pembangunan terlebih dahulu di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

"Ini tidak mudah karena merupakan proyek besar, mahakarya yang saya katakan tadi bahwa kita ingin fokus terlebih dahulu di KIPP di mana pemerintahan intinya (core government) ada di sini," kata AHY.

Dirinya juga menambahkan bahwa pembangunan IKN ini merupakan kerja keras yang harus saling berkoordinasi antar pihak terkait, mengingat banyak pemangku kepentingan dan dilaksanakan dengan optimistis karena Indonesia adalah bangsa besar.

AHY Dulu Kritik Pembangunan IKN:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: