Foke Dukung Ali Sadikin Jadi Pahlawan Nasional

Foke Dukung Ali Sadikin Jadi Pahlawan Nasional

Ali sadikin, Gubernur ke-7 DKI Jakarta--YouTube @DAAIMagazine

FIN.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta 2007-2012, Fauzi Bowo alias Bang Foke mendukung pengusulan Gubernur DKI Jakarta ke-7 Ali Sadikin menjadi pahlawan nasional. Pasalnya, Ali merupakan sosok yang sangat demokratis.

"Saya termasuk bagian dari laskarnya Ali Sadikin yang masih tersisa. Barangkali juga saya anak didik Ali Sadikin sampai pencalonan saya dan menjadi Gubernur Jakarta," kata Foke saat menjadi pembicara kunci dalam seminar pencalonan Ali Sadikin menjadi pahlawan nasional di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia (UI), Kamis 22 Februari 2024.

BACA JUGA:

Bang Foke mengatakan, Gubernur Jakarta 1966-1977 itu pun menjunjung tinggi dan memperjuangkan hak kebebasan setiap orang dalam mengekpresikan diri. 

"Terlepas dari kontribusi Ali Sadikin sejak menjadi bagian dari marinir, Gubernur Jakarta, dan Menteri Perhubungan Laut semasa pemerintahan Soekarno, sosok Ali Sadikin juga memiliki pandangan bahwa kekuasaan harus terbatas dan yang membatasi kekuasaan adalah kemanusiaan atau kehendak rakyat dan kepentingan umum," tuturnya.

Selama memimpin Jakarta, kata Bang Foke, Ali Sadikin berkontribusi besar pada pembangunan ibu kota. "Bahkan, beliaulah yang membangun pondasi Jakarta modern dan kita hanya melanjutkan apa yang sudah dibangun," tuturnya.

"Baginya, kekuasaan harus diselenggarakan berdasar hukum dan bukan hukum dijalankan berdasarkan kekuasaan," imbuhnya.

Di sisi lain, Bang Foke menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada tim penyusun usulan tersebut. Menurutnya, hampir tanpa celah bahkan beberapa referensi yang dikutip hampir terlupakan.

"Saya berharap, baik narasumber maupun peserta seminar dapat membahas hingga naskah ini menjadi sempurna," ujarnya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: