News

Prof Marsudi Resmi Dilantik Menjadi Rektor Universitas Pancasila Setelah Seleksi Ketat 16 Calon

fin.co.id - 02/05/2024, 15:28 WIB

Prof Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo Dilansit sebagai Rektor Universitas Pancasila

FIN.CO.ID -  Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU, ASEAN Eng, ACPEN Eng, ACPE Dilantik sebagai Rektor Universitas Pancasila.

Diketahui, Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP) telah menyelesaikan seleksi tahap akhir dari proses pemilihan Rektor UP Periode 2024-2028 pada 18 April.

Jalannya pemilihan di tingkat yayasan ini diketuai langsung oleh Dr. (HC). Ir. Siswono Yudo Husodo, sebagai Ketua Pembina YPPUP. Pelantikan Rektor dan Pejabat bertempat di Aula Masjid At-Taqwa UP, dan dihadiri oleh seluruh Anggota YPPUP, para kolega serta mitra baik ditingkat Universitas maupun fakultas dan perwakilan dari Sivitas Akademika UP.

Ketua Pembina YPPUP mengumumkan bahwa pemilihan Prof.Ir.Marsudi Wahyu Kisworo sebagai rektor Universitas Pancasilan setelah melakukan beberapa proses pemilihan yang ketat.

BACA JUGA:

Tercatat sebanyak 16 Bakal Calon Rektor UP mendaftar pada penerimaan yang kita lakukan, hal tersebut menggambarkan minat dan antusiasme yang tinggi untuk memimpin UP menjadi Universitas yang lebih baik dan berkembang. Sedikit saya ceritakan, dari 16 Bakal Calon Rektor tersebut telah kami seleksi menggunakan alat ukur yang sudah diterapkan dan dari situ tim yang kami bentuk melakukan penilaian untuk 16 calon kemudian tahap selanjutnya mereka melengkapi dokumen kesediaan, kesehatan, dsb serta menyampaikan makalah tentang program kerja untuk 4 tahun kedepan, tahap selanjutnya dilakukan ditingkat senat untuk memilih 3 dr 7, kemudian akhir yaitu pemilihan ditingkat YPPUP.

Dari hasil pendaftaran yang kami lakukan secara online ada 16 kandidat yang mayoritas merupakan akademisi. Jadi kriteria seleksinya adalah melihat rekam jejak kepemimpinan dan intergitas yang paling tinggi 35%, setalah itu memahami tata kelola universitas 10%, kemudian komitmen visi-misi terhadap UP 25%, dan terakhir menggali kemampuan dalam mengembangkan potensi UP menjadi international university sebesar 30%. 

“Kita tentu berharap bahwa Prof. Marsudi dengan segala pengalamannya dapat mendorong UP bersaing pada dunia internasional dan semakin memperluas jejaring kerja sama UP, ujar Siswono. 

Tidak lupa Ia juga memberikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh tim panitia pemilihan Rektor UP  “Terima kasih atas kinerja dan kerja kerasnya. Pelantikan Rektor dilaksanakan  bersamaan dengan Hari Pendidikan Nasional, sebagai tanda bahwa UP terus bergerak maju, membangun pendidikan Indonesia," terangnya.

Pada kegiatan ini pula, selain melantik Rektor, YPPUP juga turut melantik para pejabat di lingkungan UP, diantaranya Dekan Fakultas Hukum, Dekan Fakultas Teknik, Dekan Fakultas Psikologi, Dekan Fakultas Pariwisata, Kepala Pusat Studi Pancasila UP, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan FEB, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Farmasi, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Fakultas Farmasi, dan Wakil Dekan Bidang Keahasiswaan dan Alumni Fakultas Farmasi. Selamat bertugas dan memimpin universitas ini dalam mengemban nama besar Pancasila, serta menjaga dan meningkatkan pemerataan akreditasi yang Unggul ditingkat UP dalam rangka mencerdaskan SDM di Indonesia yang lebih baik.

Ari Nur Cahyo
Penulis
-->