Google Doodle Hari Ini Tampilkan Raja Ali Haji, Begini Profil Singkatnya

Google Doodle Hari Ini Tampilkan Raja Ali Haji, Begini Profil Singkatnya

Raja Ali Haji di google doodle hari ini--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Google Doodle hari ini menampilkan sosok Pahlawan Nasional Indonesia, Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad di halaman utama google, Sabtu 5 November 2022.

"Dia adalah seorang sejarawan, cendekiawan, dan penulis terkenal yang memimpin kebangkitan sastra dan budaya Melayu pada abad ke-19," tulis keterangan Doodle. 

Raja Ali secara anumerta dihormati sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada hari ini pada tahun 2004.

Raja Ali merupakan pangeran berdarah Bugis-Melayu. Raja Ali Haji lahir di Pulau Penyengat, Kepulauan Riau, Tahun 1808. Ia meninggal dunia tahun 1873 di Pulau Penyengat, Kesultanan Lingga (masa kini bagian dari Provinsi Kepulauan Riau). 

Ketika dia masih muda, keluarganya pindah ke Pulau Penyengat.  Ia belajar dengan ulama terkenal dari Kesultanan Riau-Lingga dan diakui sebagai siswa yang berbakat.  

BACA JUGA:Tempe Mendoan Muncul di Google Doodle, Begini Sejarahnya

BACA JUGA:Ini Sosok Rasuna Said yang Muncul di Google Doodle Hari Ini

Sebagai seorang remaja, Raja Ali menemani ayahnya dalam misi ke Jakarta, serta ziarah ke Mekah.  Keduanya adalah bangsawan Riau pertama yang mencapai prestasi ini.

Ketika berusia 32 tahun, Raja Ali menjadi bupati bersama Sultan muda dan akhirnya dipromosikan menjadi penasehat agama.  

Dalam peran ini, ia mulai menulis tentang bahasa, budaya, dan sastra orang Melayu.  

Karya-karyanya meliputi kamus Melayu, teks pendidikan tentang tugas raja, silsilah Melayu dan Bugis, antologi puisi dan banyak lagi.

Pada tahun 2004, Raja Ali mendapat penghargaan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia atas kontribusinya pada bahasa, sastra, budaya Melayu, dan sejarah Indonesia.  

Karyanya yang paling terkenal adalah Tuhfat al-Nafis, atau “Hadiah Berharga”, yang dianggap sebagai sumber tak ternilai tentang sejarah Semenanjung Melayu. 

Sekarang diukir di batu nisannya untuk dibaca orang saat berkunjung.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: