Dikunjungi Anies Baswedan, Begini Sikap Sri Sultan Hamengku Buwono X

Dikunjungi Anies Baswedan, Begini Sikap Sri Sultan Hamengku Buwono X

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (24/1/2024)--(ANTARA/Luqman Hakim)

FIN.CO.ID- Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengunjungi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Rabu 24 Januari 2024.

Kedatangan Anies tersebut sehari setelah sebelumnya paslon nomor 2 Prabowo-Gibran juga melakukan kunjungan, tepat pada Senin 22 Januari 2024.

Anies Baswedan beserta rombongan tiba di Kantor Gubernuran itu sekitar pukul 09.00 WIB kemudian langsung memasuki Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan untuk menemui Sultan.

Anies dan Sri Sultan Hamengku Buwono X melakukan pertemuan selama hampir 2 jam. Anies mengatakan, dirinya hanya meminta doa restu. 

"Saya sampaikan mohon doanya, mohon restunya dan insya Allah nanti apa yang kita sedang usahakan untuk Indonesia lebih baik bisa tercapai," kata Anies usia bertemu.

BACA JUGA:

Lebih lajut, Anies menilai, Sultan HB X merupakan sosok rujukan bagi semua kalangan sehingga dalam kontestasi Pilpres 2024, ia merasa perlu bersilaturahim serta memperoleh wejangan dari Raja Keraton Yogyakarta itu.

"Beliau memayungi semua, beliau menjadi rujukan bagi semua. Karena itu kami bersilaturahmi dan mendengarkan pesan-pesan bijak, pengalaman-pengalaman dan diskusi berbagai hal. Tadi ngobrolnya agak panjang mendengar banyak hal yang tadi dibahas sama-sama," ujar dia.

Menurut Anies, bersilaturahim dengan Sultan HB X penting dilakukan mengingat dirinya adalah putra Yogyakarta yang juga tumbuh besar di Yogyakarta.

"Saya sebagai putra Yogyakarta yang tumbuh besar di Yogyakarta, hanya kira-kira 600 meter dari Kepatihan yang sekarang kemudian bekerja, berkarier di Jakarta dan sedang mendapatkan amanah mengikuti proses kontestasi pemilihan presiden," ujar Anies.

Dalam kesempatan itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku mengambil pelajaran terhadap model kepemimpinan Sri Sultan HB IX yang dinilai stabil, tenang, dan sopan, namun tegas dalam bersikap.

Menurut Anies, model kepemimpinan itu kini diteruskan oleh Sri Sultan HB X.

BACA JUGA:

"Itu menjadi inspirasi dari mulai 'swargi' (almarhum) Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang diteruskan oleh Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk terus menjaga prinsip-prinsip kepemimpinan yang yang tenang yang stabil yang mengayomi tapi juga tegas dalam bersikap dan mampu menjaga suasana stabilitas jadi Itu kira-kira obrolan kami," ujar dia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: