Terima Kunjungan Prabowo-Gibran, Sri Sultan Hamengku Buwono X Nyatakan Netral Dalam Pilpres 2024

 Terima Kunjungan Prabowo-Gibran, Sri Sultan Hamengku Buwono X Nyatakan Netral Dalam Pilpres 2024

Terima Kunjungan Prabowo-Gibran, Sri Sultan Hamengku Buwono X Nyatakan Netral Dalam Pilpres 2024--

FIN.CO.ID- Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kunjungan dari pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakbuming Raka di Gedhong Wilis Kompleks Kepatihan, Senin 22 Januari 2024. 

Gubernur DIY sekaligus pemegang takhta Kesultanan Yogyakarta tersebut mengatakan, pertemuan tersebut membahas banyak hal, termasuk Pemilu 2024. Mesk begitu, dia akui akan neteral. 

“Kita bersama Pak Prabowo, bersama Pak Gibran ini silaturahmi saja. Ngobrol – ngobrol saja, ngobrol macam-macam, tapi kita tidak ada pembahasan yang khusus. Untuk Pilpres, kampanye, dan sebagainya ya monggo, karena saya bukan bagian dari itu,” ujarnya, Senin 22 Januari 2024.

BACA JUGA:

Sementara itu, Pranowo Subianto mengatakan bahwa dirinya meminta pandangan Sri Sultan terhadap berbagai persoalan terutama masa depan dan kepemimpinan.

“Jadi sesuai budaya kita, kalau mau masuk ke suatu tempat kami datang ke yang paling tua. Jadi kami mohon izin gitu untuk masuk ke DIY,” katanya.

Koordinator Substansi Hubungan Masyarakat, Biro Umum, Hubungan Masyarakat dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji juga mengakui bahwa Sri Sultan Hamengku Buwono X  netral dalam Pilpres 2024. 

Dia menuturkan jika Sri Sultan Hamengku Buwono selalu terbuka untuk menerima siapa pun yang hendak bersilaturahmi.

BACA JUGA:

“Beliau ini kan terhitung dituakan di Indonesia, wajar kalau banyak yang ingin bertemu untuk minta wejangan, termasuk pasangan Capres Cawapres. Ini bukan yang pertama, Desember kemarin Capres nomor urut 3 juga sowan. Bahkan di Pilpres 2019 lalu pun juga kedua Capres sowan. Tidak ada masalah, tetap diterima, tetap netral,” ujar Ditya.

Ditya mengungkapkan adanya kemungkinan Paslon Nomor Urut 1 juga datang untuk menemui Sultan Keraton Yogyakarta tersebut. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: