Jokowi Dulunya Puji Perbaikan Jalan di Jateng Capai 80 Persen, Kini Menyindir

Jokowi Dulunya Puji Perbaikan Jalan di Jateng Capai 80 Persen, Kini Menyindir

Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo--Istimewa

FIN.CO.ID- Sikap presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pembangunan dan perbaikan jalan di Jawa Tengah, kini berbeda. Khususnya perbaikan jalan Solo-Purwodadi di Kabupaten Sragen. Dulunya Jokowi memuji, kini berbeda. 

Pada Juli 2023 lalu, Presiden Jokowi memuji perbaikan jalan Solo-Purwodadi. Kala itu, Ganjar Pranowo masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah yang turut mendampinginya saat Presiden melakukan kunker ke lokasi. 

Ada pun perbaikan jalan Solo-Purwodadi termasuk ke dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023. 

BACA JUGA:

Jokowi berikan pujian atas kemajuan jalan di Jawa Tengah yang dia anggap telah mencapai 88 persen, atau bagian dari jalan provinsi sepanjang 2.440 kilometer. 

"Jawa Tengah saya lihat kemantapan jalannya, jalan provinsinya bagus kalau saya bandingkan di Sumatera rata-rata 68 persen, di sini tadi dapat laporan sudah 88 persen," kata Jokowi di lokasi saat itu. 

Jokowi menyebut, nilai kontrak perbaikan jalan Solo-Purwodadi totalnya senilai Rp 97,4 miliar dengan panjang 8,7 kilometer. 

Menurutnya, dana itu berasal dari alokasi DIPA perbaikan jalan dan infrastruktur nasional tahap I senilai Rp 7,4 triliun 

Ia pun mengaku, jalan Solo-Purwodadi sering dilewatinya sejak kecil. Menurutnya, persoalan jalan rusak di daerah tersebut tak kunjung selesai karena konstruksi tanah yang labil, sehingga perlu pengerjaan khusus.

BACA JUGA:

"Tapi memang khusus untuk jalan ini, ini memang saya dari kecil tiap hari saya lewat jalan ini tidak pernah beres. Tapi sekarang kalau konstruksi ini, memang dua kali lebih mahal tapi untuk pemakaian bisa lebih dari 10 tahun, sangat baik," jelas Jokowi.

Jokowi Kini Sindir Perbaikan Solo-Purwodadi

Pada Selasa 23 Januari 2024 kemarin, Presiden Jokowi memberikan pujian berbeda. Dia menilai pembangunan jalan Solo-Purwodadi bertahun-tahun selalu tidak beres. 

"Tadi pagi jam setengah 8 kita ngecek pembangunan perbaikan Jalan Solo-Purwodadi yang sudah bertahun-tahun tidak beres-beres. Bener? Dan saya tahu karena hampir setiap minggu, itu sekali, dua kali, tiga kali, kalau mau Randublatung ke Blora pasti lewat, begitu diperbaiki, diaspal, setahun, dua tahun rusak lagi karena tanahnya memang bergerak," kata Jokowi, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa 23 Januari 2024.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: