Usai Ditinjau Jokowi, Perbaikan Jalan Rusak di Lampung Diambil Alih Kementerian PUPR

Usai Ditinjau Jokowi, Perbaikan Jalan Rusak di Lampung Diambil Alih Kementerian PUPR

Kondisi kerusakan ruas jalan Simpang Korpri - Purwotani di Lampung Selatan -Istimewa-Birkompu

Perbaikan Jalan Rusak di Lampung Diambil Alih Kementerian PUPR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau kerusakan di beberapa ruas jalan daerah di Provinsi Lampung, Jumat 5 Mei 2023. 

Salah satu ruas yang ditinjau yaitu ruas jalan Simpang Korpri - Purwotani atau jalan akses Tol Itera/Kotabaru sepanjang total 14,5 km. Jokowi memastikan jalan daerah yang rusak di Lampung ini akan diperbaiki secepatnya. 

Jokowi mengatakan, perbaikan jalan yang tidak bisa diperbaiki oleh pemerintah daerah akan diambil alih Kementerian PUPR.

"Secepat-cepatnya akan dimulai, yang rusak, yang kira-kira provinsi tidak memiliki kemampuan. Kemudian kabupaten yang tidak memiliki kemampuan, akan diambil alih oleh Kementerian PUPR, utamanya yang jalannya rusak parah," kata Jokowi, dikutip dari keterangan tertulis Kementerian PUPR, Jumat malam.

BACA JUGA:

  1. Gubernur Lampung Bantah Perbaiki Jalan Rusak Karena akan Dikunjungi Presiden Jokowi
  2. Jokowi Ganti Mobil saat Tinjau Jalan Rusak di Lampung

Sementara itu Pak Bas (Menteri PUPR Basuki Hadimuljono) mengatakan perbaikan jalan daerah itu sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

"Jadi nanti melalui inpres jalan daerah, jalan-jalan daerah yang rusak akan diperbaiki melalui bantuan dari pusat. Ruas mana saja yang akan ditangani APBN ditentukan sesuai arahan Presiden Jokowi, terutama jalan penghubung kawasan produksi dan industri, dengan outlet dan pasarnya" ujar Pak Bas.


Kondisi kerusakan di jalan Simpang Korpri - Purwotani di Lampung Selatan-Istimewa-Birkompu

Ruas jalan Simpang Korpri -Purwotani atau jalan akses Tol Itera/Kotabaru merupakan salah satu dari 15 ruas jalan daerah di Lampung yang telah diusulkan untuk ditangani melalui Inpres Jalan Daerah pada TA 2023. 

Dari total panjang 14,5 km, telah diusulkan untuk ditangani APBN dengan estimasi biaya Rp69,16 miliar.

BACA JUGA:

  1. Jokowi Penasaran Jalanan Rusak di Lampung: Besok Saya Cek Benar atau Enggak?
  2. Jokowi Besok ke Lampung, Gubernur dan Bupati Langsung Turun Tinjau Jalan Rusak

Ali Mustofa, warga Bandar Lampung yang bekerja sebagai supir truk minimarket, menyambut baik rencana perbaikan jalan Simpang Korpri -Purwotani ini karena jalan tersebut sudah rusak selama bertahun-tahun.

"Karena jalannya rusak, waktu perjalanan jadi lebih lama, bahaya juga mobil sering patah as. Harapannya semoga cepat diperbaiki, supaya lebih lancar, tidak ada kendala lagi," ujarnya. (*)

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: