Usai Sebut Genosida, Kini Paus Fransiskus Katakan Serangan Israel di Gaza Aksi Teroris

Usai Sebut Genosida, Kini Paus Fransiskus Katakan Serangan Israel di Gaza Aksi Teroris

Paus Fransiskus--ist

FIN.CO.ID - Setelah menyebut serangan Israel di Gaza sebagai sebuah aksi genosida terhadap warga Palestina, kini Paus Fransiskus mengatakan Israel teroris.

Penggunaan kata terorisme terhadap aksi Israel diungkapkan Pemimpin Tertinggi Vatikan Paus Fransiskus saat melakukan pembicaraan telepon yang penuh ketegangan dengan Presiden Israel Isaac Herzog pada akhir Oktober 2023.

Paus Fransiskus menggunakan kata "terorisme" untuk menggambarkan serangan Israel di Jalur Gaza.

“Dilarang menanggapi teror dengan teror,” kata Paus Fransiskus kepada Herzog, seorang pejabat senior Israel yang dikutip dalam pemberitaan The Washington Post.

Selama panggilan telepon itu, Herzog mengatakan bahwa pemerintahnya melakukan apa yang diperlukan di Gaza untuk membela rakyat Israel.

BACA JUGA:

Paus merespons dengan mengatakan bahwa “mereka yang bertanggung jawab memang harus dimintai pertanggungjawaban, tetapi bukan warga sipil."

Pembicaraan Fransiskus-Herzog, ketika orang nomor satu di Vatikan itu menyebut operasi militer Israel di Gaza sebagai "tindakan terorisme" dianggap sangat buruk sehingga Israel memutuskan untuk tidak memublikasikannya.

Vatikan menolak untuk mengklarifikasi apakah Paus Fransiskus secara terbuka atau pribadi menggambarkan tindakan Israel di Gaza sebagai “terorisme,” tetapi dalam sebuah pernyataan kepada The Washington Post, mereka mengakui adanya pembicaraan telepon antara Fransiskus dan Herzog.

“Panggilan telepon tersebut, sama seperti panggilan telepon lainnya, dilakukan dalam konteks upaya Bapa Suci yang bertujuan untuk membendung kegawatdaruratan dan meluasnya situasi konflik di Tanah Suci," kata Vatikan.

Seorang juru bicara di Kantor Kepresidenan Israel menolak mengomentari laporan tersebut dengan mengatakan mereka tidak bisa mempublikasikan percakapan pribadi.

Serangan Israel di Gaza Aksi Genosida

Sebelumnya Pimpinan tertinggi Vatikan, Paus Fransiskus menyebut penyerangan Israel ke Gaza Palestina adalah genosida. 

Pernyataan Paus itu disampaikan saat bertemu dengan keluarga keluarga-keluarga Palestina yang kerabatnya ditahan di penjara-penjara Israel. Pertemuan itu dilakukan di kediaman Paus pada Rabu 22 November 2023.

“Ketika kami berbagi cerita tentang keluarga-keluarga yang terbunuh (di Jalur Gaza), dia berkata ‘Saya melihat genosida’,” kata Shireen Hilal yang mengajar di Bethlehem Bible College, pada konferensi pers setelah pertemuan tersebut, seperti dikutip dari Anadolu. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: antara