Paus Fransiskus Sebut Serangan Israel ke Gaza Merupakan Genosida

Paus Fransiskus Sebut Serangan Israel ke Gaza Merupakan Genosida

Paus Fransiskus memberi pemberkatan saat memimpin Misa Minggu Palma di lapangan Santo Petrus, Vatikan, Minggu (2/3/2023). ANTARA FOTO/Reuters/Pool/Filippo Monteforte/nym--

FIN.CO.ID- Pimpinan tertinggi Vatikan, Paus Fransiskus menyebut penyerangan Israel ke Gaza Palestina adalah genosida. 

Pernyataan Paus itu disampaikan saat bertemu dengan keluarga keluarga-keluarga Palestina yang kerabatnya ditahan di penjara-penjara Israel. Pertemuan itu dilakukan di kediaman Paus pada Rabu 22 November 2023.

“Ketika kami berbagi cerita tentang keluarga-keluarga yang terbunuh (di Jalur Gaza), dia berkata ‘Saya melihat genosida’,” kata Shireen Hilal yang mengajar di Bethlehem Bible College, pada konferensi pers setelah pertemuan tersebut, seperti dikutip dari Anadolu. 

Shireen mengatakan, Paus ikut merasakan apa yang dialami warga Gaza saat serangan besar-besaran dilakukan Israel. Seperti tidak adanya air bersih, layanan listrik, makanan dan obat-obatan. 

BACA JUGA:


Paus Fransiskus--

Para wartawan lantas bertanya apakah pemimpin tertinggi Gereja Katolik ini benar-benar menggunakan kata 'genosida' untuk menggambarkan situasi di Gaza.

“Sangat jelas bahwa kata ‘genosida’ tidak berasal dari kami. Kata itu berasal dari Yang Mulia, Paus Fransiskus," ujarnya.

Pada pertemuan itu, mereka juga sempat mengundang Paus untuk  mengunjungi Gaza. Paus menjawab bahwa tawaran tersebut merupakan ide bagus dan bisa dilakukan jika kondisinya memungkinkan.

Sementara itu, juru bicara Vatikan Matteo Bruni dalam keterangan tertulisnya tidak membenarkan pernyataan bahwa Paus Fransiskus menggunakan kata "genosida".

BACA JUGA:

“Saya tidak sadar dia menggunakan kata-kata seperti itu. Dia menggunakan istilah-istilah yang dia ungkapkan saat pidato di depan umum dan kata-kata yang mewakili situasi mengerikan yang sedang dialami di Gaza,” katanya.

Keluarga Palestina lainnya yang menghadiri pertemuan dengan Paus juga mengatakan bahwa mereka mendengar Paus menggunakan kata “genosida.”

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Luar Negeri Vatikan Kardinal Pietro Parolin mengatakan “genosida” adalah istilah yang sangat teknis yang berlaku untuk situasi-situasi tertentu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: