Begini Kronologi Kericuhan Ormas Manguni dan Peserta Aksi Bela Palestina di Bitung Sulut

Begini Kronologi Kericuhan Ormas Manguni dan Peserta Aksi Bela Palestina di Bitung Sulut

Aksi bela Palestina ricuh di Bitung--

FIN.CO.ID- Aksi solidaritas Palestina yang digelar di Kota Bitung Sulawesi Utara, berakhir ricuh. Sekelompok massa membawa bendera  Israel menyerang peserta aksi bela Palestina diduga dengan menggunakan senjata tajam, Sabtu 25 November 2023.

Di lihat dari sejumlah video yang beredar di media sosial, peserta aksi solidaritas Palestina saling serang dengan kelompok Ormas Manguni Minahasa yang membawa senjata tajam dan bendera Israel sebagai bentuk dukungan ke zionis

Kapolres Bitung AKBP Tommy Bambang Souissa mengatakan, ormas Manguni Minahasa menggelar parade Hari Ulang Tahun ke-12, mereka juga telah mendapat izin dari Kesabangpol untuk menggelar HUT ke-12 di GOR Dua Saudara, Bitung.

BACA JUGA:


Bendera Israel dikibarkan oleh pendukung Israel di Bitung--Viral

"Itu HUT yang ke-12 dan telah mendapatkan izin resmi baik dari Kesbangpol baik dari kepolisian untuk kegiatan itu, karena untuk kebudayaan," kata AKBP Tommy Bambang Souissa, Minggu 26 November 2023. 

Saat perayaan HUT, di saat yang sama lewat peserta aksi solidaritas Palestina hingga terjadi gesekan. 

"Mungkin dari video yang sudah dilihat adanya aksi dari LSM tertentu terkait dengan kemanusiaan, terkait dengan peristiwa di Gaza sehingga ada beberapa spontanitas (bentrokan)" katanya.

Tommy mengaku belum bisa merinci terkait motif bentrokan. Dia mengatakan pihaknya masih terus mendalami.

"Saya belum tau sampai ke situ, aksi kejar-kejaran motif saya belum tau, masih kami dalami lah," katanya.

BACA JUGA:


Bentrokan massa yang terjadi di Bitung Sulawesi Utara-fin/diolah-X Twitter

Sebagaimana lewat flyer yang beredar di platform X, aksi solidaritas Palestina digelar pada Sabtu 25 November 2023 pukuk 13.00 WITA. Aksi ini dimulai dari depan rumah Wali Kota Bitung dan finis di Masjid Ribathul Qunub sekaligus digelar salat ghaib untuk warga Palestina. 

Sementara itu, aksi Parade HUT ke 12 oleh ormas Minguin Minahasa ini, juga digelar pada Sabtu 25 November 2023 dimulai pada pukul 10.00 WITA. Parade ini dimulai dari Gor Stadion Dua Sudara Bitung. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: