Wasekjen Demokrat Minta Kapolri Segera Tangani Konflik Dua Kelompok di Bitung: Jangan Sampai Terulang Kasus di Ambon

Wasekjen Demokrat Minta Kapolri Segera Tangani Konflik Dua Kelompok di Bitung: Jangan Sampai Terulang Kasus di Ambon

Mobil Ambulance dirusak kelompok pendukung Israel di Bitung--Viral

FIN.CO.ID- Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Jansen Sitindaon meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar selesaikan permasalahan kericuhan di Bitung, Sulawesi Utara yang melibatkan kelompok pendukung Israel dan Pendukung Palestina. 

Kericuhan ini terjadi pada Sabtu 25 November 2023 kemarin. Saat itu, masyarakat Bitung menggelar akasi solidaritas Palestina. Di saat yang bersamaan sekelompok ormas menggelar Parade, hingga terjadi gesekan dua kelompok. 

"Membaca dan melihat berbagai video yang bertebaran di Medsos terkait kejadian di Bitung, Sulut, kami mohon tolong segera ditangani pak" kata Jansen Sabtu malam 25 November 2023.

BACA JUGA:


Bendera Israel dikibarkan oleh pendukung Israel di Bitung--Viral

Jansen mengatakan, kericuhan di Bitung jika tidak ditangani apalagi di era medsos ini dimana berbagai konten gampang tersebar dan bisa jadi penyulut dan bisa timbul konflik. 

"Kejadian Bitung ini jelas sangat rentan karena terkait dan bersinggungan dgn Agama" kara Jansen. 

Dia mengingatkan agar jangan sampai peristiwa kerusuhan di Ambon Maluku terulang, karena bersinggungan dengan Agama. 

"Sebagai pengingat untuk kita semua, kejadian di Bitung ini harus kita redakan dan selesaikan segera agar tidak terulang lagi seperti kasus Ambon. Dimana yang ada semua hancur. Kampung Islam-Kristen jadi terkotak-kotak. Parang dan senjata tiap hari berjaga di kedua belah pihak. Korban yg mati tanpa memandang pihak dll. Demikian juga halnya Poso" papar Jansen. 

Anak buah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini meminta aparat bertindak tegas dan berikan sanksi hukum paling optimal bagi pihak manapun yang salah menurut hukum.

BACA JUGA:


Mobil Ambulance dirusak kelompok pendukung Israel--Viral

"Tindakan hukum yang benar dan adil-lah salah satu kunci penyelesaian ini pak. Tanpa pandang bulu terhadap pihak manapun" kata dia. 

Jansen juga meminta kepada para tokoh Agama khususnya Kristen dan Islam yang ada di Sulut dan Bitung: agar juga segera turun tangan mendinginkan suasana ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: