Firli Bahuri Tersangka, Ini Daftar Lengkap Barang Bukti yang Disita Penyidik, Dari Mobil hingga e-Money

Firli Bahuri Tersangka, Ini Daftar Lengkap Barang Bukti yang Disita Penyidik, Dari Mobil hingga e-Money

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak (kanan) bersama Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat ditemui di Polda Metro Jaya, Rabu (22/11/2023). ANTARA/Risky Syukur--

FIN.CO.ID- Penyidik Polda Metro Jaya telah menyita sejumlah barang bukti dalam kasus dugaan pemerasan yang dilakukan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

Sejumlah barang bukti yang disita KPK berasal berbagai lokasi. Seperti hasil penggeledahan, kemudian dari penyerahan KPK dan dari para saksi yang diperiksa. 

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak Ade Safri mengatakan, barang bukti tersebut berupa data dan dokumen elektronik, diantaranya berisikan dokumen penukaran valas.

BACA JUGA:


Ketua KPK Firli Bahuri dan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo--

"Penyidik telah melakukan penyitaan terhadap barang bukti berikut data elektronik dan dokumen elektronik yang ada di dalamnya," ujar Ade kepada wartawan, Kamis dini hari, 23 November 2023.

Ade menjelaskan, dokumen penukaran valas dalam pecahan SGD dan USD dari beberapa outlet money changer dengan nilai Rp 7.468.711.500; (tujuh miliar empat ratus enam puluh delapan juta tujuh ratus sebelas ribu lima ratus rupiah) sejak bulan Februari 2021 sampai September 2023.

Kemudian barang bukti lainnya seperti 21 unit HP dari para saksi, kemudian 17 akun email, 4 unit flashdisk, dua unit kendaraan bermotor roda 4, 3 e-money. 

"Kemudian 1 buah kunci atau remote keyless warna hitam bertuliskan Land Cruiser," beber Ade Safri. 

BACA JUGA:

Berikut daftar lengkap barang bukti kasus Firli Bahuri


Ketua KPK Firli Bahuri-Antara Foto/Reno Esnir-

1. Dokumen penukaran valas dalam pecahan SGD dan USD dari beberapa outlet money changer dengan nilai Rp 7.468.711.500 sejak bulan Februari 2021 sampai September 2023

2. Dokumen berupa turunan atau salinan berita acara penggeledahan, berita acara penyitaan, berita acara penitipan temuan barang bukti, dan tanda terima penyitaan pada rumah dinas Menteri Pertanian RI yang di dalamnya berisi lembar disposisi pimpinan KPK dengan nomor agenda LD 1231 tanggal 28 April 2021.

3. Pakaian, sepatu, maupun pin yang digunakan oleh saksi SYL saat pertemuan di GOR Tangki bersama saudara FB pada tanggal 2 Maret 2022.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: