Tes CASN Dimulai, Menteri PANRB: Semua Transparan, Tak Ada Kekuatan Orang Dalam

Tes CASN Dimulai, Menteri PANRB: Semua Transparan, Tak Ada Kekuatan Orang Dalam

Tes CASN Dimulai, Menteri PANRB: Semua Transparan, Tak Ada Kekuatan Orang Dalam--

BACA JUGA:Nilai Ambang Batas SKD CPNS 2023 atau Seleksi CASN: TWK, TIU dan TKP hingga Jumlah Soal

BACA JUGA:Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2023 di Sscasn.bkn, Diumumkan Hari Ini!

Pada 2023, pemerintah telah menetapkan sebanyak 572.496 formasi ASN, dengan rincian 72 instansi pemerintah pusat sebanyak 78.862 ASN, dan pemerintah daerah 493.634 ASN.

Anas menyampaikan, pemerintah telah menetapkan kebijakan pemenuhan kebutuhan ASN 2023 sampai 2030.

Di antaranya seperti sektor pendidikan dan sektor kesehatan dengan skema _positive growth_ alias masih boleh menambah pegawai, sektor tenaga teknis fungsional _zero growth_ (antara jumlah tenaga yang pensiun dan rekrutmen baru diupayakan seimbang), dan tenaga teknis pelaksana _negative growth_ (sangat tidak dipertimbangkan untuk merekrut baru).

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto menambahkan, titik lokasi pelaksanaan seleksi CASN 2023 mencapai 365 tempat, di antaranya di BKN, politeknik kesehatan di sejumlah kota, lokasi mandiri instansi, serta luar negeri. Terjadi peningkatan jumlah titik lokasi dibanding tahun lalu sekitar 105 titik.

“Penambahan titik lokasi diharapkan membuat peserta tidak terlalu jauh dalam mengakses tempat tes,” ujar Haryomo.

Dia memaparkan, sejumlah hal yang telah dilakukan BKN untuk meningkatkan keamanan sistem di antaranya berkolaborasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

“Untuk penyediaan jaringan komunikasi data, BKN bekerja sama dengan Kemenkominfo melakukan penambahan _bandwidth_ dan penambahan _backup link_ untuk kelancaran pelaksanaan ujian CAT,” ujar Haryomo.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: