Progres Pembangunan Kantor Presiden di IKN Nusantara Sudah 49,2 Persen, Sebelum Agustus 2024 Rampung!

Progres Pembangunan Kantor Presiden di IKN Nusantara Sudah 49,2 Persen, Sebelum Agustus 2024 Rampung!

Desain Istana Negara di IKN Nusantara.-Kemenparekraf-

FIN.CO.ID - Progres pembangunan kantor Presiden di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hingga 19 Oktober 2023 telah mencapai 49,2 persen. Targetnya, sebelum Agustus 2023 pembangunan kantor Presiden tersebut sudah rampung dan bisa digunakan untuk event Upacara HUT RI di IKN Nusantara. 

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Sagas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara Kementerian PUPR, Danis H Sumadilaga, saat berbincang dengan awak media di Jakarta, Jumat 27 Oktober 2023. 

Danis mengungkapkan, bilah-bilah Garuda yang menjadi tampilan dari kantor Presiden di IKN Nusantara, saat ini sudah mulai dipasang. 

"Untuk Kantor Presiden progres pembangunannya mencapai 49,2 persen dan mulai dilakukan pemasangan bilah-bilah Garuda yang merupakan pekerjaan arsitektur. Progres pembangunannya sudah besar," ujar Danis. 

BACA JUGA:

Danis juga menyebutkan bahwa progres pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara telah mencapai 32,90 persen.

"Artinya pekerjaan konstruksinya masih bersifat civil work seperti pekerjaan beton dan sebagainya, setelah itu dilanjutkan dengan pekerjaan mechanical, electrical dan plumbing (MEP) seperti pemasangan jaringan kabel listrik dan pipa air," ungkapnya.


Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

Sebagai informasi, pemasangan modul bilah membentuk sayap dan patung burung Garuda menjadi ikon dari gedung Kantor Presiden.

Total terdapat 4.650 bilah garuda yang dipasangkan pada Kantor Presiden.

BACA JUGA:

Gedung Kantor Presiden ini didesain pula oleh seniman Nyoman Nuarta yang juga mendesain jembatan di ruas jalan tol IKN Nusantara.

Distribusi Air Minum IKN Rampung Juni 2024

Kasatgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara Danis H Sumadilaga menargetkan distribusi air minum di wilayah IKN Nusantara sudah bisa masuk ke IKN Nusantara pada Juli 2024.

"Ditargetkan bulan Juni atau Juli tahun depan, air minum sudah terdistribusi di IKN Nusantara," kata Danis. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: